Sukses

6 Cara Mudah Menciptakan Rumah yang Tenang dan Damai

Menciptakan tempat tinggal yang tenang melampaui estetika desain dan penataan perabotan yang pas memungkinkan kamu merasa bebas dari stres.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai tempat kamu tinggal dan beristirahat setelah bekerja atau melepas kesibukan, rumah perlu memiliki suasana yang tenang dan dapat membantu memberikan energi baru. Sayangnya, hal tersebut seringkali diabaikan dan dekorasi rumah hanya ala kadarnya. 

Padahal, menciptakan tempat tinggal yang tenang melampaui estetika desain dan penataan perabotan memungkinkan kamu merasa bebas dari stres. Berikut ini cara praktis untuk mengubah rumah kamu menjadi tempat peristirahatan yang tenang dan damai.

Sentuhan warna yang pas

Penambahan sederhana dinding warna-warni dapat mengubah suasana ruangan mana pun. Warna putih menawarkan rasa keanggunan dan ketenangan pada kamar tidur, sedangkan warna kuning dapat menambah kemeriahan dalam jumlah yang tepat ke ruang tamu keluarga. 

Memilih skema warna yang tepat bisa menjadi tantangan, jadi bereksperimen lah dengan berbagai corak dan kombinasi untuk menentukan bagaimana mereka dapat mempengaruhi perasaan ruang kamu. Jika membutuhkan rumah yang tenang untuk pulang atau tinggal, catlah kamar kamu dengan warna-warna sejuk. Nuansa biru dan hijau dan kombinasi dari warna-warna itu adalah yang terbaik.

Rangkullah kekuatan tanaman

Saat ingin memulihkan tenaga setelah hari yang penuh tekanan, orang sering membanjiri rumahnya dengan tanaman. Tanaman menghilangkan racun yang ada di dalam ruangan, sehingga mengoksidasi kembali rumah kamu.

Bagi kamu yang tidak terlalu hijau, cobalah varietas seperti palem atau lidah mertua yang hanya membutuhkan sedikit perawatan, namun memberikan efek ketenangan maksimum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan kamar tidur

Salah satu area paling intim di rumah kamu adalah kamar tidur. Pilih warna yang kamu suka, apakah warna netral atau pastel yang cantik. Atau juga gabungkan warna-warna yang kamu sukai dan aplikasikan ke dinding-dinding kamar. Selain itu, kamu juga bisa memilih tanaman lidah buaya yang menenangkan, yang mengeluarkan lebih banyak oksigen di malam hari.

Pikirkan penataan ruangan

Dengan menentukan area untuk berbagai aktivitas, secara tidak sadar membiarkan dirimu bergerak dengan mudah dan tujuan di dalam rumah kamu. Saat mengembangkan skema desain untuk setiap ruangan, cobalah untuk mendekorasi dengan mempertimbangkan fungsi ruang tersebut. 

Cahaya alami

Ruangan yang terang secara alami meningkatkan produktivitas, meningkatkan suasana hati, dan menciptakan suasana yang tenang secara keseluruhan lebih dari sekadar lingkungan dengan penerangan artifisial.

3 dari 3 halaman

Pertimbangkan pakai aromaterapi

Aromaterapi dipercaya dapat membantu memperbaiki suasana hati, hingga mampu meningkatkan kesehatan secara fisik maupun mental. Ada banyak sekali tumbuhan atau bahan alami yang bisa diolah menjadi aromaterapi, misalnya bunga lavender, bunga kenanga, mawar, melati, daun mint, lemon, apel, dan daun sage.

Aroma dari minyak esensial akan merangsang area hipotalamus di otak untuk memproduksi hormon serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati. Tidak hanya itu, aromaterapi juga mampu merangsang sistem saraf yang mengatur detak jantung, tekanan darah, respon terhadap stres, dan pernapasan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini