Sukses

5 Kondisi Dinding yang Siap Dicat agar Hasil Lebih Maksimal

Salah-salah, warna cat dinding tidak akan keluar secara maksimal, bahkan bisa jadi boros cat.

Liputan6.com, Jakarta - Cat dinding berperan penting dalam melengkapi nuansa sebuah ruangan. Di samping soal pemilihan warna, caranya diaplikasikan pada dinding juga tak boleh luput dari perhatian. Supaya lebih maksimal, langkah ini harus dimulai dari memahami kondisi dinding yang siap dicat.

Head of Brand and Consumer Marketing AkzoNobel Decorative Paints Indonesia, Niluh Putu Ayu, menjabarkan beberapa poin terkait ini. Pertama, dinding harus dalam kondisi bersih dan kering. "Umur acian minimal satu bulan," katanya dalam jumpa pers virtual, Rabu, 31 Maret 2021.

Kemudian, kelembapan pada dinding harus kurang dari 17 persen. Anda bisa menggunakan protimeter untuk mengetahui tingkat kelembapan pada dinding. Ketiga, tahu tingkat pH pada dinding, yakni 8--9, dengan memanfaatkan kertas pH.

"Untuk dinding lama, kerok dulu cat lama sampai terlihat dinding acian, kemudian amplas," imbuhnya. Terakhir, pastikan tidak ada retakan pada dinding. Semisal ada, Anda bisa menambalnya lebih dulu sebelum dicat.

"Pastikan juga dinding bersih dari debu dan kotoran," ujarnya. Walau pekerjaan mengecat dinding bisa saja dilakukan tukang, sambung Ayu, penting bagi pemilik rumah untuk mengetahui cara-cara yang benar.

Pengecatan pun ada tahapnya, yakni dimulai dari cat dasar, disusul plamir untuk menutup pori-pori atau retak halus pada dinding. Diteruskan dengan cat dasar pada bagian yang diberi plamir. Terakhir, baru mengaplikasikan cat dinding.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Dulux Promise

Menunjang proses pengecatan dinding secara lebih maksimal, pihaknya merilis program bertajuk "Dulux Promise, #SatuYangPasti, Bukan Sekedar Janji, tapi Ketenangan Hati." Ada tiga poin utama dalam kampanye tersebut.

Pertama, warna akurat. "Jadi, warna yang ada di katalog itu akan sama dengan warna cat yang diaplikasikan ke dinding," kata Ayu. Ini, sambung Ren Katili selaku Principal Architect Studio Arsitektropis, merupakan poin penting dalam pemilihan cat dinding.

"Inkonsistensi warna cat dinding jadi salah satu yang sangat dihindari," ucapnya. Kemudian, daya sebar sesuai dengan yang tertulis di kemasan. "Jadi, perkiraan akan tepat dan tidak boros cat," imbuh Ayu.

Terakhir, pihaknya juga menjanjikan hasil akhir yang halus dan rata. Adapun produk yang masuk dalam Dulux Promise adalah Dulux Pentalite, Dulux EasyClean, Dulux Ambiance, dan Dulux Ambiance Diamond Glo untuk interior.

Sementara, untuk eksterior adalah Dulux Weathershield, Dulux Weathershield Powerflexx, dan Dulux Weathershield Flash.

3 dari 3 halaman

Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.