Sukses

Perut Kosong? Sebaiknya Tak Menyantap Makanan dan Minuman Berikut

Beberapa makanan tak boleh dikonsumsi saat dalam keadaan lapar atau perut kosong.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi perut kosong umumnya terjadi ketika Anda bangun di pagi hari. Namun, kebanyakan orang saat merasa lapar cenderung untuk makan yang berlebihan tanpa memikirkan efek samping pada perut.

Terdapat beberapa makanan yang berbahaya dikonsumsi ketika perut kosong. Hal tersebut juga dapat memperparah penyakit yang telah dimiliki atau bahkan menimbulkan penyakit. Mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi dapat memicu diare, muntah, hingga mual.

Lantas, apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi ketika dalam kondisi perut kosong? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Boldsky, Selasa, 30 Maret 2021, berikut ini.

1. Sayuran Mentah

Meski memiliki manfaat penting bagi kesehatan, namun menyantap sayuran mentah kala perut keadaan kosong adalah sesuatu yang harus dihindari. Sayuran dapat membuat yang mengonsumsinya terlalu kenyang, bahkan dapat menyebabkan penurunan gula darah di hari berikutnya. Sayuran berserat bisa menjadi sulit dicerna dan bisa menyebabkan gas serta kembung.

2. Buah Porsi Besar

 

Makan buah dalam porsi besar saat perut kosong akan menyebabkan glukosa darah naik secara tiba-tiba. Hal tersebut lantas dapat membuat tubuh merasa lelah dan lapar lagi dalam waktu 30--60 menit. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dalam porsi besar saat perut kosong juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

3. Makan Alpukat

Alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengatur gula darah, melindungi mata, meningkatkan kesuburan, meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga dapat membantu mencegah timbulnya osteoartritis.

Namun, makan alpukat dalam keadaan perut kosong, tidaklah baik. Kandungan lemak dalam alpukat dicerna dengan sangat lambat dan dapat memicu refluks pada beberapa orang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Daging Merah

Daging merah kaya akan protein. Meski penting, zat itu membutuhkan banyak waktu untuk dicerna. Memakan daging merah saat perut kosong akan menyebabkan tubuh bekerja ekstra dalam memecah protein, yang mengakibatkan perut tertekan, serta perasaan kenyang yang berlebihan.

3 dari 5 halaman

5. Minum Kopi

Untuk mendapatkan manfaat baik dari kopi sebaiknya tidak dengan perut kosong alias belum makan. Meminum kopi saat perut kosong dapat menyebabkan tubuh Anda melepaskan asam klorida ke dalam sistem pencernaan, meningkatkan keasaman dan mengakibatkan masalah pencernaan pada tubuh.

4 dari 5 halaman

6. Keripik

Saat perut Anda kosong, mengonsumsi keripik hanya dapat memberikan rasa puas pada saraf sensorik. Konsumsi keripik juga hanya memenuhi sebagian kecil dari lambung sehingga tidak akan merasa kenyang. Akibatnya, Anda makin sulit berhenti untuk mengunyahnya. (Melia Setiawati)

 
5 dari 5 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.