Sukses

Soto Ayam Khas Semarang Langganan Pejabat, dari Presiden Jokowi sampai Menkeu Sri Mulyani

Menteri BUMN Erick Thohir pun menambah daftar panjang pejabat yang gemar menyantap soto ayam khas Semarang.

Liputan6.com, Jakarta - Sarat akan representasi kultur lokal, sederet kuliner dari berbagai daerah di Indonesia selalu menarik untuk dicicip. Wujudnya tak jarang merupakan adaptasi dari satu sajian yang sudah umum ditemukan di banyak wilayah. Soto, misalnya.

Ya, makanan berkuah dengan ragam isian ini tentu sudah bukan lagi kuliner asing bagi banyak orang. Selain menambah daftar panjang kekayaan sajian dalam negeri, soto juga digemari, mulai dari rakyat, sampai pejabat negara, seperti Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Lebih spesifik, kuliner yang dimaksud adalah hidangan primadona Soto Ayam Pak Man di Semarang, Jawa Tengah. Lewat unggahan di akun Instagram-nya, beberapa hari lalu, Menkeu Sri memperlihatkan momen dirinya mampir untuk mencicip sajian khas warung soto yang juga pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

"Soto ini khas sekali karena pernak-perniknya yang banyak dan enak, seperti perkedel, tempe, dan sate kerang," tulis Sri Mulyani. "⁣⁣Tak hanya karena soto Semarang merupakan salah satu menu kuliner yang saya gemari sejak kecil, tapi menikmatinya bersama tim sambil ngobrol santai mengakhiri kegiatan kunjungan terasa menyenangkan."

Ia menyambung bahwa kekayaan ragam kuliner di tanah air patut dibanggakan dan dijadikan modal kuat untuk mengembangkan potensinya. ⁣⁣"⁣Saya harap para pemilik usaha kuliner terus giat berinovasi agar dapat menawarkan produk kuliner yang berkualitas dan disukai masyarakat, tidak sekadar memenuhi cita rasa dan selera, tapi juga memenuhi gaya hidup masyarakat kini," imbuhnya.

Berjarak tak begitu lama dari unggahan Menkeu Sri Mulyani, momen menyantap soto semarang juga dibagikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. "Salah satu soto favorit dan langganan di kota Semarang, Soto Ayam khas Semarang Pak Man. Porsinya pas, rasanya mantab," tulisnya dalam keterangan sebuah unggahan di Instagram pribadi, akhir pekan lalu.

Ia menambahkan bahwa soto semarang dari warung legendaris di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu bisa jadi inspirasi makan siang sembari menikmati santai suasana akhir pekan. "Siapa tahu bisa jadi inspirasi," sambungnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelezatan Soto Semarang

Soto semarang merupakan sajian dengan ciri khas kuah soto bening sedikit kecokelatan yang tak meninggalkan rasa berat sejak suapan pertama. Rasa kuahnya merupakan perpaduan bumbu sederhana, seperti bawang putih dan kemiri.

Soto semarang biasanya disajikan di mangkuk porselin kecil. Isiannya berupa ayam suwir, soun, tauge, tambahan telur rebus, dan taburan daun bawang. Hidangan ini bisa dimakan dengan nasi yang dicampur langsung atau dipisah, tinggal pilih sesuai selera.

Soto ini juga umumnya disantap dengan lauk pelengkap, seperti satai kerang, ati ampela, dan telur puyuh. Juga, ada pula pilihan ragam gorengan, mulai dari tahu, tempe goreng, hingga aneka kerupuk.

3 dari 3 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.