Sukses

Filosofi Desain Garuda di Istana Negara Ibu Kota Baru yang Tuai Polemik

Visualisasi desain garuda di Istana Negara Ibu Kota Baru ini berbeda dari yang sebelumnya beredar luas.

Liputan6.com, Jakarta - Visual Istana Negara dengan desain garuda di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur menuai polemik. Lewat foto dan video yang beredar di jagat maya, kebanyakan warganet menyuarakan keberatan akan desain tersebut dengan berbagai argumen.

Salah satunya mengangkat isu "pemborosan material" yang tidak sesuai dengan konsep ramah lingkungan yang telah sering digaungkan dalam rancangan pembangunan Ibu Kota Baru. Sementara, beberapa melancarkan meme sembari menuliskan keterangan bernada sarkastis.

Rancangan desain IKN, termasuk penampakan Istana Negara baru, sendiri telah diunggah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa ke akun media sosialnya, beberapa waktu lalu. "Ibu Kota Negara Baru," tulisnya singkat menyertakan klip berdurasi enam menit 46 detik.

Di video tersebut, Istana Negara ditampilkan dengan desain "nuansa lambang negara burung garuda." Filosofinya, yakni mencerminkan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan negara yang kuat.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa terdapat delapan tema utama dalam rancangan pembangunan IKN. Mereka adalah mendesain sesuai kondisi alam; Bhinneka Tunggal Ika; terhubung, aktif, dan mudah diakses; rendah emisi karbon; sirkuler dan tangguh; aman dan terjangkau; kenyamanan dan efisiensi melalui teknologi; serta peluang ekonomi yang kuat untuk semua.

Tiga contoh utama dari pengaplikasian tema utama pembangunan IKN, yakni masyarakatnya dapat menjangkau fasilitas umum dan simpul transportasi dalam 10 menit, didesain untuk jadi kota di dalam kawasan hutan yang dikelilingi 75 persen lingkungan alami terbuka, dan mendorong IKN jadi salah satu kota layak huni terbaik di dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beda dari Bocoran Desain Sebelumnya

Visual desain garuda di Istana Negara IKN di dalam video tersebut nyatanya berbeda dari bocoran desain yang telah luas beredar. Sebelumnya, Suharso sempat menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan desain Istana Negara di IKN lebih bernuansa Indonesia.

Jadi, keberadaannya merupakan perwujudan budaya Indonesia yang beragam, meninggalkan wajah bangunan kolonial di Jakarta yang sekarang berfungsi sebagai istana kepresidenan.

Melansir laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Selasa (30/3/2021), sebelumnya sempat beredar gambar rancangan Istana Negara di Palangkaraya yang dikonfirmasi hoaks. "Dalam gambar tersebut Istana Negara menyerupai bentuk burung Garuda," tulis pihaknya.

"Faktanya foto rancangan Istana Negara tersebut merupakan proyek prestisius di era pemerintahan Soeharto bernama Gedung Graha Garuda Tiara Indonesia," tutur mereka. "Berlokasi di Cileungsi, Jawa Barat, bangunan tersebut menempati lahan seluas 5 hektare dari total lahan 44 hektare, proyek tersebut dimulai pada tahun 1995."

"Berdasarkan citra satelit bangunan tersebut sudah rata dengan tanah dan tidak berbekas wujud bangunan berbentuk garuda tersebut," tutup pihaknya. Sebagai catatan, rancangan bangunan Istana Negara dengan desain garuda di IKN belum final.

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.