Sukses

6 Cara Merawat Ikan Louhan, Si Pembawa Keberuntungan di Rumah

Louhan jadi salah satu ikan yang banyak dipelihara orang karena disebut membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu jenis ikan yang kerap dipelihara sebagai hobi adalah ikan louhan. Ciri khas ikan louhan adalah benjolan di kepalanya. Selain itu, louhan juga memiliki corak sisik yang cerah dan indah.

Konon, memelihara ikan berdahi jenong ini dapat membawa kebahagiaan, kesejahteraan, dan keberuntungan. Mitos itu pula yang membuat harga seekor louhan cukup fantastis, bisa mencapai jutaan rupiah.

Mahalnya harga louhan membuat pemiliknya merawatnya dengan baik. Melansir dari laman Flower Horn Farming, Senin, 29 Maret 2021, berikut enam cara mudah merawat louhan agar tetap hidup sehat dan berumur panjang.

1. Kenali Jenis

Sebelum memulai merawat louhan, pelajari terlebih dahulu tentang jenis ikan satu ini. Louhan memiliki empat jenis yaitu Golden Monkey, Zhen Zhu, Golden Base, dan Kamfa. 

Naga merah merupakan jenis louhan yang paling terkenal dan sering dijadikan hewan peliharaan. Kenali perilaku dan tempramen ikan satu ini agar tidak terjadi masalah.

2. Ukuran Akuarium

Setelah mengenali jenis louhan, jangan lupa untuk perhatikan ukuran akuarium. Ukuran akuarium yang cocok untuk ikan satu ini yaitu setara dengan ukuran 3-8 Inci atau mencapai 90 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 50 cm atau lebih. 

Akuarium yang tepat mendukung ikan tumbuh dalam kondisi prima dan ideal. Semakin tinggi akuarium, kian bagus untuk louhan agar memudahkan berenang dengan bebas dan jauh dari kondisi stres.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Perhatikan Suhu Air

Agar louhan terhindar dari stres, perhatikan kualitas dan suhu air. Standar suhu air pada akuarium yang tepat harus berukuran 28-30 derajat celcius.

Untuk mengetahui apakah air yang digunakan berkualitas baik atau buruk, diperlukan alat pengukur pH. Louhan membutuhkan antara 7,5 hingga 8,0, yakni tingkat pH sedang. Jika tidak sesuai, bisa mengakibatkan warna tidak cemerlang.

4. Pakan yang Tepat

Pakan ikan satu ini yaitu cacing darah beku dan udang. Pemberiannya harus dilakukan rutin, dua kali seminggu. Memberi pakan juga dapat meningkatkan warna sisik louhan. 

5. Pembiakan ikan

Apabila ikan louhan Anda berpasangan, usahakan untuk memindahkan betina ke akuarium lain setelah kawin. Akuarium itu harus memiliki filtrasi yang tepat. Perhatikan telur jangan sampai ikut terhisap dalam penyaringan.

6. Pertolongan Saat Sakit

 Jika Anda melihat satu louhan sakit, pisahkan segera dari ikan lainnya untuk melindunginya agar tidak terkena penyakit. Berikan perawatan yang efektif untuk memastikan kesehatan ikan. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.