Mengenal Sandbox, Skema Pariwisata ala Thailand yang Bakal Bebaskan Turis Asing Berjalan-jalan

Oleh Komarudin pada 31 Mar 2021, 08:33 WIB
Diperbarui 31 Mar 2021, 08:33 WIB
Ilustrasi Koh Samui di Thailand
Perbesar
Ilustrasi Koh Samui di Thailand (dok.unsplash/ Taylor Simpson)

Liputan6.com, Jakarta - Thailand terus berupaya menggenjot kunjungan turis asing ke negara tersebut. Lewat skema pariwisata 'sandbox', Thailand diperkirakan akan dikunjungi banyak wisatawan mancanegara.

Melansir dari The Thaiger, Senin (29/3/2021), diperkirakan 1.000 turis asing akan mengunjungi Koh Samui pada Juli 2021. Skema pariwisata "kotak pasir" yang siap diluncurkan pada 1 Juli 2021 itu memungkinkan wisatawan yang telah divaksinasi Covid-19 dapat berkunjung ke Thailand karena telah mencapai herd immunity (kekebalan kelompok).

Thailand telah meluncurkan kampanye vaksinasi sebulan yang lalu. Sekarang, Koh Samui dan Phuket menargetkan untuk memvaksinasi 70 persen populasi mereka dalam beberapa bulan ke depan untuk mempersiapkan penerapan skema pariwisata sandbox.

Sekitar 1.000 turis asing diperkirakan akan tiba di Koh Samui dalam minggu pertama Juli 2021, menurut Presiden Asosiasi Pariwisata Koh Samui, Ratchaporn Poolsawadee. Wisatawan diharuskan untuk memesan penginapan di hotel atau resor karantina negara bagian alternatif setempat. Sejauh ini, 10 hotel dan resor karantina bersertifikat disiapkan untuk kedatangan orang asing pertama.

Koh Samui menyebut kampanye pembukaan kembali mereka "Wonder Island." Penerbangan ke pulau itu dari Singapura, Amerika Serikat, Eropa dan Australia akan ditawarkan di bawah kampanye perjalanan Koh Samui oleh Bangkok Airways, yang telah memonopoli rute penerbangan ke Koh Samui. 

2 dari 4 halaman

Wisatawan di Thailand

Resor Mewah Pertama di Pulau Koh Samui Thailand
Perbesar
Hotel Cape Fahn, resor pertama di Pulau Koh Samui, Thailand. (dok. capefahnhotel.com/Dinny Mutiah)

Wisatawan akan diangkut ke hotel karantina bersertifikat pilihan mereka. Mereka akan dites Covid-19 pada hari kedua masa inap mereka. Jika hasilnya negatif, mereka akan melakukan perjalanan dan beraktivitas di tempat yang ditentukan keesokan harinya.

Aktivitas "rute tertutup" di pulau itu, kemungkinan besar akan dilakukan dengan pemandu wisata. Kegiatan di rute tertutup yang jauh dari wisatawan dan penduduk lain itu termasuk melihat matahari terbenam, pesiar makan malam, perawatan yoga dan spa.

Setelah seminggu, wisatawan akan diizinkan untuk melakukan perjalanan di seluruh Koh Samui serta ke tetangga Koh Pha Ngan dan Koh Tao. Pada hari ke-15, wisatawan akan diuji untuk Covid-19. Jika negatif, mereka akan diizinkan untuk bepergian ke seluruh Thailand.

3 dari 4 halaman

Kutukan Kudeta di Negeri Gajah Putih

[INFOGRAFIS] Kutukan Kudeta di Negeri Gajah Putih
Perbesar
Kudeta terjadi lagi di Thailand setelah status darurat diberlakukan. Ini bukan kali pertamanya militer menggulingkan pemerintahan sipil.
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓