Phuket Thailand Bakal Dibuka 1 Juli 2021 untuk Wisatawan Asing yang Sudah Divaksin Covid-19

Oleh Liputan6.com pada 29 Mar 2021, 15:03 WIB
Diperbarui 29 Mar 2021, 15:03 WIB
FOTO: Phuket, Destinasi Wisata Pantai Terbaik Dunia di Thailand
Perbesar
Foto dari udara menunjukkan sejumlah yacht di Phuket, Thailand, 14 September 2020. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai terbaik di dunia. (Xinhua/Zhang Keren)

Liputan6.com, Jakarta - Thailand akan memberikan kelonggaran untuk kunjungan wisatawan asing pada Juli mendatang. Namun, program ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah divaksinasi Covid-19.

Dilansir dari Independent, Senin (29/3/2021), Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-Ocha menyetujui rencana tersebut dalam pertemuan Pusat Administrasi Situasi Ekonomi pada Jumat, 26 Maret 2021. Phuket ditetapkan sebagai kawasan percontohan yang akan dimulai pada 1 Juli 2021.

Para wisatawan yang dapat membuktikan sudah divaksin, akan dibawa dari bandara ke hotel tempat mereka menginap. Selanjutnya, mereka akan menjalani tes Covid-19 terlebih dahulu. Setelah tes menunjukkan hasil negatif, wisatawan asing dapat bepergian dengan bebas di sekitar Phuket selama seminggu.

Menjelang pembukaan kembali, Thailand memprioritaskan warga Phuket untuk mengikuti program vaksinasi. Tujuannya agar 70 persen penduduk yang tinggal di pulau ini telah menerima vaksin sebelum para wisatawan berdatangan.

"Kami berharap dapat menyambut mereka pada gelombang kedatangan pertama. Phuket sendiri telah bebas COVID-19 selama 90 hari, jadi ini adalah pilihan yang aman bagi wisatan inggris yang ingin melakukan liburan musim panas," kata Chiravadee Khunsub, Direktur Otoritas Pariwisata Thailand di London.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Persetujuan Online

Thailand Akan Izinkan Warga Asing Masuk Mulai Oktober
Perbesar
Sebuah pantai yang kosong di Phuket, Thailand (13/9/2020). Pusat Administrasi Situasi COVID-19 Thailand pada Senin (28/9) mengatakan pihaknya akan mengizinkan lebih banyak kategori warga asing masuk ke Thailand mulai Oktober mendatang dan seterusnya. (Xinhua/Zhang Keren)

Bagi wisatawan lokal berusia di bawah 50 tahun dan telah menerima vaksinasi Covid-19 dua kali, seperti petugas kesehatan dan perawat, juga dapat melancong ke Phuket. Mereka harus mendapatkan persetujuan online untuk sertifikat sebelum keberangkatan serta mengunduh aplikasi lacak dan jejak Thailand Plus. Mereka juga harus menunjukkan bukti asuransi perjalanan dengan pertanggungan Covid-19.

Lima kawasan wisata lagi akan dibuka kembali pada 1 Oktober untuk wisatawan yang divaksinasi. Kawasan wisata yang dibuka yaitu kawasan resor di daratan utama Phangnga dan Krabi, masing-masing di utara dan timur Phuket; Pulau Koh Samui di Teluk Thailand; area di sekitar Resort populer Pattaya, sebelah timur Bangkok; dan Kota Chiang Mai.

Saat ini, para wisatawan yang datang ke Thailand harus isolasi mandiri selama dua minggu. Kebijakan ini akan berubah mulai 1 April, yakni para wisatawan hanya perlu isolasi mandiri selama 10 hari. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Bepergian?

Infografis Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Bepergian? (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Bepergian? (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya