Sukses

Resep Teh Rempah India yang Bikin Perut Nyaman

Bahan-bahan teh rempah India ini praktis dan mudah didapatkan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sementara perjalanan internasional masih jadi "pengalaman mahal' saat pandemi COVID-19, Anda tetap bisa mengakali kerinduan akan kuliner sebuah negara, termasuk India, dengan membuatnya sendiri di dapur rumah Anda. Hindustan sendiri dikenal lewat lusinan kuliner kaya rempah dan rasa-rasa berani yang menyerang lidah sejak suapan pertama.

Saking kuat, turis Indonesia terkadang berpikir dua kali untuk secara leluasa berpindah mencicip kuliner demi kuliner. Tapi, ada juga lho ternyata sajian khas India yang justru membuat perut cenderung nyaman. Ya, jangan lupakan juga bahwa India merupakan rumah bagi sederet sajian teh bercita rasa khas.

Dari sekian banyak, teh rempah India alias masala chai menyeruak jadi salah satu yang paling populer. Dengan bahan-bahan yang cenderung mudah didapatkan di Indonesia, yuk berkreasi membuat sajian ini berdasarkan resep pengguna Cookpad, Aniss Soetomo, seperti dilansir Minggu, 28 Maret 2021.

Bahan-bahan:

500 ml susu

200 ml air

4 sdt teh tubruk (takarannya bisa ditambah sesuai selera)

2 batang kecil kayu manis

3 ruas jahe

7 buah cengkih

Secukupnya gula pasir

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Pembuatan

1. Masukkan semua bahan, masak dengan api sedang.

2. Bila sudah mendidih, jangan langsung matikan kompor. Kecilkan api, dan aduk sampai warna teh jadi pekat. Karena tekstur teh yang agak kental, tuang ke cangkir dengan lebih dulu menyaringnya. Sajikan.

3 dari 3 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.