Sukses

Finalis Amerika Serikat Abena Appiah Raih Gelar Miss Grand International 2020

Di ajang Miss Gramd International 2020, wakil Amerika Serikat sempat mengucapkan kata-kata dalam bahasa Thailand dengan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Miss Grand International 2020 akhirnya dimenangkan oleh finalis dari Amerika Serikat (AS), Abena Appiah atau Evelyb Abene Appiah, dalam acara yang digelar di Show DC Hall, Bangkok, Thailand, Sabtu (27/3/2021). Miss Grand International 2021 merupakan ajang kontes kecantikan pertama yang digelar di masa pandemi Covid-19.

Ada 63 peserta yang mewakili negara mereka di ajang ini, termasuk Aurra Kharishma yang mewakili Indonesia. Kiprah Aurra cukup gemilang, ia mampu masuk Top 5 dan akhirnya menempati urutan ke-4 atau Third Runner-up.

Dalam acara yang disiarkan secara live streaming di kanal Youtube GrandTV itu, penampilan Miss Grand USA, Abena Appiah memang memukau dan elegan. Salah satu keunggulan finalis dari AS itu sepertinya saat ia berbicara tentang isu global atau masalah yang sedang terjadi di dunia saat ini.

Hampir semua finalis berpidato singkat dengan menggunakan bahasa Inggris atau sedikit diselingi bahasa Thailand sebagai salam pembuka atau penutup. Namun Abena agak berbeda,

Setelah berbicara masalah perdamaian dunia dalam bahasa Inggris, ia kemudian mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Thailand yang cukup panjang. Meski sempat kesulitan mengucapkan satu kata, secara keseluruhan pengucapannya cukup bagus dan lancar. Usai berpidato, Abena mendapat aplaus yang cukup lama dari penonton.

Abena kemudian berhasil masuk Top 10 dan kemudian masuk Top 5 Miss Grand International 2020 bersama para finalis dari Guatemala, Filipina, Brasil dan Indonesia. Di Top 5 para peserta diberi satu pertanyaan yang sama yaitu tentang pandemi Covid-19.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wakil Indonesia di Top 5

Mereka ditanya apakah lebih mengutamakan menutup negara mereka dari orang luar tapi ekonomi terpuruk atau membuka diri terhadap negara lain, perekonomian maju tapi bisa mempertaruhkan banyak nyawa.

Semua finalis, termasuk Abena lebih memilih opsi pertama dengan alasan mereka masing-masing. Saat pengumuman pemenang, Aurra Kharishma berada di urutan ke-4 atau Third Runner up, sementara peserta dari Brasil di urutan ke-5. Lalu, finalis dari Guatemala, Ivana Batchelor, menjadi Second Runner-up.

Itu berarti, di panggung tinggal Abena dan wakil Filipina, Samantha Bernardo yang juga cukup difavoritkan untuk menang. Akhirnya, finalis Amerika Serikat yang akhirnya terpilih sebagai pemenang, dan wakil Filipina sebagai First Runner-up.

Ajang Miss Grand International 2020 juga dihadiri pemennag sebelumnya, Miss Grand International 2019 Valentina Figuera dari Venezuela. Ia datang untuk mengucapkan salam perpisahan sekaligus menyerahkan mahkota Miss Grand International yang kemudian dimenangkan oleh Abena Appiah dari Ameirka Serikat.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.