Sukses

Kolaborasi Produsen dan Brand Lokal dengan Bahan Ramah Lingkungan di MUFFEST 2021

Dengan bahan ramah lingkungan, kolaborasi ini senada dengan kampanye "Sustainable Fashion" yang disung MUFFEST 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen serat rayon berkelanjutan, Asia Pacific Rayon (APR) berkolaborasi dengan tiga brand lokal dalam fashion show bertema “Sustainably Modest” di Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021 yang digelar di Kota Kasablanka, Jakarta.

Kolaborasi di MUFFEST 2021 tersebut diharapkan dapat membangkitkan gairah ekonomi kreatif, khususnya pasar modest fashion di masa pandemi ini. Tiga brand yaitu Geulis, Inen Signature dan Salt n Pepper menampilkan tren mode berkelanjutan (sustainable fashion) dalam balutan 30 koleksi ready to wear busana muslim yang bisa menjadi inspirasi gaya selama bulan Ramadan.

Seluruh koleksi kolaborasi tersebut menggunakan bahan baku utama viscose-rayon yang diproduksi APR. Serat viscose-rayon APR diketahui sebagai bahan baku tekstil yang mendukung tren sustainable fashion karena sifatnya yang renewable, mudah terurai dan dapat terlacak.

Semua desain dan produk, termasuk Inen Signature membawa pesan terkait alam untuk mencintai bumi. Hal ini diungkapkan oleh desainer Inen Kurnia, dalam konferensi pers virtual ‘Fashion Parade by APR’ di MUFFEST 2021, Sabtu (27/3/2021).

Menurut Inen, pesan tersebut terlihat dalam desain baju yang prosesnya menggunakan teknik ramah lingkungan yaitu ecoprint. Lewat teknologi tersebut, pewarnaan pakaian menggunakan bahan-bahan alami.

"Sisa dari penggunaan ecoprint yang tidak terpakai bisa dipakai sebagai pupuk, jadi semua tidak terbuang percuma. Kalau dibuang pun dapat diterima kembali oleh bumi secara alami," terang Inen Kurnia.

Inen menambakan, konsep desain pun terinspirasi kondisi pandemi saat ini. Misalnya motif kayu Secang yang dijadikan sebagai motif dari desain. Kayu secang banyak dicari oleh masyarakat sebagai pengobatan alami dan menjaga kesehatan dan stamina. Selain sebuah terobosan yang baru menyayangi bumi lewat industri fesyen, rayon menjadi satu kesatuan dengan ecoprint.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fesyen Berkelanjutan

Sementara itu, Salt n Pepper dalam kolaborasi perdana dengan APR di tahun mengusung tema “from Planfashion to Fashion”. Mereka menampilkan '10-look ready to wear' dengan gaya kasual hingga modern style yang juga terbuat dari Viscose Rayon Linen.

Lalu ada Geulis menampilkan sesuatu yang berbeda dengan tema ‘HARU’ yang berarti musim semi. Mereka menggabungkan kain berbahan serat viscose-rayon APR dengan sentuhan teknik bordir Jepang dan garis pola yang modern dalam menghasilkan koleksi bergaya kasual dan klasik modern.

"Kolaborasi ini menantang kami untuk membuat koleksi dari viscose-rayon APR yang punya tekstur yang baik tapi tetap menunjukkan ciri khas Geulis. Ini menujukkan bahwa semakin banyak variasi dan inovasi dari pakaian rayon untuk berbagai kebutuhan gaya, mulai dari kasual sampai formal," terang Markus Happy Ganesha, Marketing and Communication Manager Geulis, dalam kesempatan yang sama.

MUFFEST di tahun ini memang berkomitmen menggaungkan kampanye "Sustainable Fashion" atau fesyen berkelanjutan. MUFFEST 2021 dilaksanakan dengan konsep hybrid, yakni digelar offline di Kota Kasablanka Jakarta dan online melalui streaming. Bertajuk "Recovery for Fashion Industry," annual event ini berlangsung pada 18--28 Maret 2021.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.