Sukses

Pertemuan Mengesankan Anies Baswedan dan Bocah Penjual Pecel Lele

Anies Baswedan memuji ayah sang bocah penjual pecel lele sebagai pendidik yang hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan sebuah cerita inspiratif di akun Instagram pribadinya. Ia mengunggah sebuah foto saat mampir ke sebuah warung pecel lele pinggir jalan.

Dalam unggahan pada Jumat, 26 Maret 2021, Anies Baswedan menyempatkan diri untuk makan di warung pecel lele itu setelah bersepeda pulang dari Stasiun MRT Lebak Bulus.

"Malam tadi dalam perjalanan bersepeda pulang dari Stasiun MRT Lebak Bulus, kami berhenti di warung pecel lele di tepi Jalan Pasar Jumat. Yang kami temukan bukan cuma pecel lele yang enak sekali, tapi juga satu keluarga pejuang, keluarga pendidik," tulisnya dalam keterangan foto.

Anies bertemu dengan seorang bocah. Ia menceritakan anak kecil tersebut sangat lincah ketika membantu kedua orangtuanya berjualan. Ia dengan tangkas memotong sayur-sayuran dan menyeduhkan teh. Anies berusaha memanggilnya, tapi rupanya bocah itu terus bekerja.

"Saya panggil dia dan sampaikan, kalau sudah selesai bantu-bantu, nanti ke sini lagi ya. Tapi dia lama tidak balik, rupanya dia non stop bekerja," tulis Anies lagi. Setelah Anies menyelesaikan makan malamnya, bocah tersebut langsung memperkenalkan dirinya.

"Saya selesai makan, baru dia datang. Dia tak canggung, menjawab dengan fasih. Namanya: Muhammad Fahri Husaini Arrosi, panggilannya Rosi," terang Anies.

Rossi mengaku masih sekolah dan sudah kelas 8 SMP.  Ia bersekolah di siang hari dan malam harinya ia membantu kedua orangtuanya berjualan. Rosi mengatakan ingin menjadi seorang pengusaha. Selanjutnya, Anies bercerita kalau keluarga Rosi sangat sederhana, tapi ayah dari bocah itu merupakan sosok pendidik yang hebat.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ulet dan Bersahaja

"Keluarga ini sederhana, tapi mereka tangguh. Terlihat bahwa sesungguhnya Pak Agus itu pendidik yang hebat. Dia sedang mendidik anaknya menjadi ulet, terampil dan bersahaja," sambung Anies.

Di akhir unggahannya, Anies Baswedan mendoakan Rosi, serta jutaan Rosi lainnya agar makin tangguh ditempa dan kelak jadi pribadi membanggakan bagi kedua orangtuanya dan bagi semua orang. Unggahan tersebut langsung mendapat banyak perhatian dari warganet. Banyak yang antusias terhadap cerita yang dibagikan Anies.

"Seru nih dengar cerita cerita dari Pak Anies," komentar seorang warganet. "sambil bercerita untuk memotivasi dan naikin umkm jakarta .. the best lah pak .. salut saya 😍😍," timpal warganet lainnya.

Anies Baswedan sudah beberapa kali mengunggah foto-foto dirinya makan di warung pinggir jalan sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2017. Ia pernah membagikan foto sedang makan di warung nasi Padang, warteg maupun tempat makan lainnya di tepi jalan.

3 dari 3 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.