Sukses

Surat Pribadi Putri Diana Dilelang Rp1,6 Miliar, Salah Satunya Ungkap Sebutan Rahasia untuk Ratu Elizabeth II

Surat-surat pribadi Putri Diana ditulis dari 1990--1997 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam hal terkait Putri Diana selalu berhasil mencuri atensi publik, meski ia telah tiada. Salah satunya mengenai koleksi catatan tulisan tangan, surat, dan kartu Putri Diana.

Dilansir dari laman Marie Claire, Jumat (26/3/2021), koleksi pribadi Putri Diana tersebut dijual dalam lelang di Inggris pekan lalu. Jumlah yang didapatkan dari hasil lelang itu sebesar 82 ribu Pound sterling atau setara Rp1,6 miliar, seperti dilaporkan Tatler.

Surat-surat tersebut semuanya dikirim ke teman keluarga Roger Bramble yang ditulis antara 1990 dan 1997. Koleksi pribadi itu disimpan di lemari rumah keluarga Bramble selama 24 tahun.

Surat-surat itu menyentuh beberapa aspek paling sulit dalam kehidupan Diana. Sebut saja mengenai perceraiannya dengan Pangeran Charles, pergulatan kesehatan mentalnya, dan pengawasan media yang dihadapinya. Surat-surat itu juga mengungkapkan kepribadiannya yang lucu dan menghibur.

"Kami prihatin bahwa penggambaran Diana kontemporer dapat menjadi kebijaksanaan yang diterima di benak publik," kata keluarga Bramble dalam sebuah pernyataan.

"Kami percaya surat-surat ini mengungkapkan bahwa penulisnya adalah manusia yang penuh kasih sayang, sopan dan menyenangkan dan bahwa publikasi mereka yang lebih luas hanya dapat memberikan penghargaan kepada penulisnya," lanjut pernyataan itu.

Dalam satu surat tertanggal 19 Oktober 1995 kepada Roger Bramble, Diana bercanda menyebut Ratu sebagai "Bos". Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa surat ini dijual seharga 8.700 Pound sterling atau setara Rp172 juta.

Ia berterima kasih kepada Bramble, yang saat itu adalah Lord High Sheriff of Westminster, untuk makan siang di restoran Bibendum di London. Diana meminta maaf karena berpotensi membuatnya terlambat untuk pertemuan dengan Ratu.

"Saya hanya berharap kedatangan Anda di Westminster Abbey sebelum Bos (Ratu) dan jika tidak, saya berharap untuk disebutkan dalam alasannya," tulis Putri Diana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Catatan Diana

Sebuah catatan Agustus 1996, di mana Diana berterima kasih pada Bramble untuk makan siang yang terbukti adalah "gangguan yang disambut baik" dari perceraiannya dengan Pangeran Charles, dijual di lelang seharga 7.800 Pound sterling atau setara Rp154 juta.

Lalu, dari 1992, kerajaan merenungkan "minggu yang mengerikan" setelah publikasi biografi Andrew Morton soal dirinya dan catatan itu dijual seharga 1.350 Pound sterling. Sebuah kartu Natal, yang menampilkan foto Diana, Pangeran William, dan Pangeran Harry, juga disertakan dalam koleksi tersebut.

Penggemar Diana dari Inggris dan Amerika Serikat mengajukan tawaran pada surat-surat itu, menurut Mimi Connell dari David Lay Auctions. "Orang-orang menyukai Diana, dia sangat populer," kata Connell, seperti yang dilaporkan Tatler.

Hasil lelang akan dibagi antara empat organisasi budaya yang dikaitkan dengan Diana. Keempat organisasi tersebut meliputi English National Ballet, Young Musicians Symphony Orchestra, Opera Rara, dan the Benesh International Endowment Fund. (Muhammad Thoifur)

 
3 dari 3 halaman

Infografis Putri Diana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.