6 Cara Jitu Membersihkan Panci dan Wajan yang Berkerak

Oleh Liputan6.com pada 29 Mar 2021, 05:02 WIB
Diperbarui 29 Mar 2021, 05:02 WIB
Ilustrasi Memasak
Perbesar
Ilustrasi memasak (dok. Unsplash.com/Kevin McCutcheon @kevinmccutcheon)

Liputan6.com, Jakarta - Ketika memasak, ada beragam peralatan yang digunakan, termasuk panci dan wajan. Seiring waktu pemakaian, kedua alat ini tak jarang diselimuti oleh sisa-sisa lapisan gosong dan kerak.

Kerak pada wajan dan panci dapat memperburuk kualitas alatnya. Untuk mencegahnya, Anda harus memperhatikan cara membersihkan panci dan wajan.

Apa saja cara jitu untuk membersihkan panci dan wajan yang berkerak? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman One Good Thing, Rabu, 24 Maret 2021, berikut ini.

1. Pakai bubuk soda kue

Selain untuk membuat kue, bubuk soda kue atau baking soda dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kerak dan noda yang membandel pada alat masak Anda. Caranya hanya menaburkan satu atau dua cangkir soda kue di dasar wajan dan panci dan tambahkan air secukupnya untuk menutupinya.

Lalu, rebus selama 15 menit hingga 1/2 jam. Lakukan sebanyak dua sampai tiga kali sampai kerak benar-benar lepas dari wajan dan panci.

2. Pakai cuka

Anda dapat menggunakna cuka putih dan sikat gosok dapur biasa untuk membersihkan kerak pada wajan dan panci. Tuangkan cuka secukupnya untuk menutupi bagian bawah wajan, lalu biarkan mendidih sebentar.

Lalu, bagian yang berkerak harus disikat dengan sikat gosok. Cara ini murah dan benar-benar alami membersihkan panci dan wajan.

2 dari 4 halaman

3. Pakai Hidrogen peroksida

ilustrasi panci
Perbesar
ilustrasi panci (sumber: Pexel)

Tambahkan sekitar 1/2 inci hidrogen peroksida ke dalam panci. Panaskan sampai mulai menggelembung dan didihkan sekitar 10 menit.

Kemudian Anda dapat menyikat dengan sikat gosok dan ulangi sesuai kebutuhan. Itu masuk ke dalam ikatan karbon dan mengangkatnya dari panci dan akan menggelembung dan bau.

4. Pakai saus tomat

Tuang selapis tebal saus tomat di atas kerak dan diamkan semalaman. Keesokan harinya Anda bisa membilasnya dengan mudah.

Jika Anda masih membutuhkan sedikit pemolesan, hal itu tidak akan banyak. Asam dari tomat akan mengusir kerak.

5. Pakai minuman bersoda

Isi wajan dengan minuman bersoda biarkan mengeras di dalam wajan selama beberapa jam, atau hingga makanan mulai terlepas. Gunakan pengikis untuk menghilangkan sisa kotoran sebanyak mungkin, kemudian bersihkan sisanya dan cuci seperti biasa.

6. Pakai krim tartar

Campurkan dua sendok makan krim tartar dan sekitar satu cangkir air, didihkan, angkat, dan biarkan dingin sebelum dicuci dengan air sabun yang panas. Untuk kerak yang sangat sulit, mungkin perlu dilakukan untuk kedua kalinya. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Perbesar
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓