Sukses

Pamor Pantai Pohon Baru di Maluku Sebelum Butiran Emas Muncul

Warga desa di pesisir Pantai Pohon Baru, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, dikejutkan akan penemuan butiran emas di bibir pantai.

Liputan6.com, Jakarta - Pesisir Pantai Pohon Batu di Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mendadak riuh, dipenuhi warga yang memanen emas. Lewat video yang beredar di media sosial, "kemunculan emas yang tiba-tiba" pun jadi berkah bagi penduduk setempat.

Dengan peralatan seadanya, mereka memenuhi pantai menambang emas yang keberadaannya telah dilaporkan pada Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi Kementerian ESDM, serta Ditjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM tersebut.

Sebelumnya, Pantai Pohon Batu merupakan pesisir tipikal dengan topografi pantai menurun, tapi tak begitu curam. Kawasan ini merupakan pantai berbatu yang pamornya kurang moncer dibanding tempat lain di wilayah Amahai, Malteng.

Pesisir di sini dikelilingi vegetasi khas wilayah pantai yang sekarang tampak dimanfaatkan warga untuk berteduh dari teriknya matahari di sela kegiatan menambang emas. Melansir laman Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Maluku Tengah, Amahai merupakan salah satu gerbang menuju Kabupaten Malteng.

Terlepas dari popularitas Pantai Pohon Batu yang belum sebegitu kentara, Amahai sebenarnya menyimpan sejumlah potensi wisata. Salah satunya adalah Goa Akohi yang disebut-sebut punya "tetesan air berharga," yang merujuk pada pembentukan alami stalaktit dan stalakmit, menurut laporan Indonesia Kaya.

Nama Akohi didapat karena gua ini berada di wilayah marga Akohilo. Pertama kali memasuki Goa Akohi, pengunjung akan disuguhi pemandangan pintu masuk gua dengan struktur batuan mengagumkan. Pemandangan elok pun berlanjut ketika masuk dan disambut ratusan stalakmit dan stalaktit.

Pada 1996, beberapa ilmuwan dari tujuh negara berbeda mengadakan penelitian di gua ini, khususnya terkait stalakmit dan stalaktit yang jadi ciri khas destinasi wisata andalan Maluku Tengah tersebut. Para ilmuwan kemudian menetapkan gua ini sebagai gua alam dengan jumlah stalakmit dan stalaktit terbanyak di dunia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesona Lain Maluku Tengah

Selain itu, Amahai juga dikenal lewat sejumlah destinasi wisata lain. Beberapa di antaranya adalah Pantai Kuako, destinasi wisata favorit di akhir pekan, serta wisata mangrove Amahai. Selain itu, terdapat juga Pantai Rutah yang merupakan pilihan lain selain Pantai Kuako.

Sebagaimana kawasan lain di Kabupaten Maluku Tengah, Amahai juga terkenal akan kecantikan wisata baharinya. Tipikal pantai di kawasan ini cukup landai, serta dipenuhi bebatuan ragam ukuran yang siap menambah estetika panorama pesisir.

Nama-nama lain yang boleh jadi lebih familiar di wilayah Malteng adalah Banda Neira, Pantai Natsepa, Danau Tebing Makariki, dan Pulau Bair. Di samping, ada juga destinasi wisata sejarah, seperti Benteng Amsterdam. 

3 dari 3 halaman

5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.