Perusahaan Jepang Rancang Tas Darurat Bencana Alam untuk Anjing

Oleh Henry pada 27 Mar 2021, 14:33 WIB
Diperbarui 27 Mar 2021, 14:33 WIB
Ilustrasi anjing Pungsan, anjing khas Korea Utara (AP)
Perbesar
Ilustrasi anjing Pungsan, anjing khas Korea Utara (AP)

Liputan6.com, Jakarta - Bencana alam bisa terjadi di mana saja, termasuk di Jepang yang sering mengalami gempa bumi. Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara dengan intensitas gempa terbanyak di dunia.

Sebagai persiapan menghadapi bencana alam yang sering terjadi, membuat bangsa Jepang melakukan bermacam-macam strategi dan inovasi. Salah satu inovasi mereka yang cukup unik adalah membuat tas darurat bencana alam untuk anjing.

Melansir dari laman Soranews24, Minggu, 21 Maret 2021, perusahaan Jepang yang bernama Pet Memorial Shop merancang tas khusus dengan kelengkapan bertahan hidup untuk membantu anjing ketika terjadi bencana alam seperti gempa di Jepang. Hal itu dilakukan karena terkadang hewan peliharaan sering tertinggal saat bencana melanda.

Tas yang diberi nama 'Evacuation Life Bag' atau ‘Tas Keselamatan Evakuasi ini, berbahan poliester dan poliuretan yang tahan terhadap api dan air. Kedua bahan tersebut memiliki jenis bahan kain busa kenyal dan kaku yang terbuat dari serat sintesis sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah kusut.

Tas ini nantinya dipakaikan pada bagian di bawah dada anjing yang terdapat tali sehingga dapat mengangkat mereka dengan aman atau mencegahnya melarikan diri.Selain itu, di bagian dalam atau isi tas itu terdapat sepasang sarung tangan karet, perban dan moncong.

Jika Anda atau siapa pun menemukan anjing menggunakan tas itu, bisa melakukan pertolongan pertama darurat tanpa harus ke dokter hewan.

2 dari 4 halaman

Tak Hanya untuk Hewan

Perusahaan Jepang Membuat Tas Darurat Bencana Alam untuk Anjing
Perbesar
Seekor anjing sedang memakai tas darurat bencana (dok website shop.heiwakai.co.jp/Muhammad Thoifur)

Tas ini juga dirancang dengan cukup ruang untuk menyimpan makanan anjing, kantong kotoran, air, dan apa pun yang mungkin dibutuhkan anjing. Tetapi, peralatan yang ada di tas tersebut juga bisa digunakan untuk manusia dalam kondisi darurat.

Tas keselamatan evakuasi ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu kecil dan besar. Tas ukuran kecil berharga 13 ribu yen atau sekitar Rp1,7 juta yang sangat cocok untuk anjing jenis pudel. Sementara, tas ukuran besar seharga 15 ribu yen atau sekitar Rp1,9 juta sangat cocok untuk anjing jenis pemburu yang berukuran lebih besar.

Para pemilik anjing bisa memesannya via laman resmi Pet Memorial Shop. Setiap tas akan dibuat sesuai pesanan. Hasil penjualan tas nantinya akan didonasikan sebagain untuk mendukung proyek asistensi penangkaran anjing dan kegiatan promosi partisipasi sosial bagi penyandang disabilitas.  (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Infografis Waspada Bencana Alam Akibat La Nina

Infografis Waspada Bencana Alam Akibat La Nina. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Waspada Bencana Alam Akibat La Nina. (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓