2 Wisatawan Tertangkap Selundupkan Emas di Bawah Rambut Palsu

Oleh Komarudin pada 26 Mar 2021, 08:03 WIB
Diperbarui 26 Mar 2021, 08:03 WIB
Temuan emas (1)
Perbesar
Ilustrasi emas batangan. (Sumber Twitter/@allthingsbus)

Liputan6.com, Jakarta - Dua wisatawan dari Dubai menyelundupkan emas senilai 400 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,7 miliar di beberapa bagian tubuh mereka saat bepergian ke India. Kedua rambut pria itu dinilai aneh oleh pihak berwenang ketika mereka mendekati pintu keluar Bandara Internasional Chennai di India pada 21 Maret 2021.

Ketika petugas keamanan lalu menggeledah para tersangka, mereka menemukan kedua pria itu mengenakan rambut palsu. Di bawah rambut palsu itu terdapat  paket emas batangan seberat 698 gram, seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu, 24 Maret 2021.

Paket-paket itu rupanya telah ditempelkan di kepala para tersangka yang kemudian berusaha menyembunyikannya di bawah rambut palsu mereka. Ketika para tersangka digeledah, pihak berwenang menemukan potongan emas, uang tunai, dan barang terlarang lainnya yang disembunyikan di seluruh tubuh mereka.

Sementara itu, emas ditemukan di kaus kaki mereka dan bahkan di dubur mereka. Kedua pria tersebut, yang diidentifikasi sebagai Magroob Akbarali dan Zubair Hassan Rafiyutheen, ditangkap saat masih berada di terminal. Mereka dikabarkan baru saja tiba dari Dubai.

Pihak berwenang menyita emas dan uang tunai senilai sekitar 382.943 dolar AS atau senilai Rp5,5 miliar. Emas yang disembunyikan di balik rambut palsu bukanlah barang paling aneh yang pernah disita di bandara.

2 dari 4 halaman

Insiden Serupa

Ilustrasi emas harta karun
Perbesar
Ilustrasi emas harta karun (iStock)

Insiden serupa terjadi pada Jumat, 18 Maret 2021, ketika tiga pria ditangkap di bandara Chennai karena menyembunyikan emas di bawah wig mereka. Tiga paket pasta emas seberat 2.410 gram ditemukan pada penumpang yang melakukan perjalanan dari Dubai dan Sharjah.

Menyembunyikan barang berharga juga sempat dilakukan sejumlah orang yang sengaja menyembunyikan mata uang asing di bawah wig mereka. Saat penggeledahan, petugas menemukan 67.500 Riyal Saudi.

Para penumpang juga menyembunyikan 4.750 dolar AS, 6500 dirham, 800 ribu taka di celana mereka, melansir dari newindianexpress. Dalam kasus lain, seorang pria berusia 42 tahun yang melakukan perjalanan ke Chennai dari Dubai menyembunyikan tiga bundel pasta emas di duburnya.

3 dari 4 halaman

Heboh Pin Emas Wakil Rakyat Jakarta

Infografis Heboh Pin Emas Wakil Rakyat Jakarta
Perbesar
Infografis Heboh Pin Emas Wakil Rakyat Jakarta. (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by