Sukses

Daftar 10 Stasiun KRL Khusus Uang Elektronik yang Berlaku Mulai 25 Maret 2021

Penggunaan uang elektronik bagi penumpang KRL itu guna menekan transmisi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - KAI Commuter bakal memberlakukan 10 stasiun KRL sebagai Stasiun Khusus Uang Elektronik. Adapun kebijakan ini mulai diterapkan pada Kamis, 25 Maret 2021.

Hal tersebut tertera dalam informasi yang dibagikan melalui akun Instagram resmi KAI Commuter. Ke-10 stasiun KRL tersebut meliputi Stasiun Jakarta Kota, Bekasi, Kranji, Bojonggede, Citayam, Depok, Depok Baru, Parung Panjang, Tanah Abang, dan Angke.

Dalam keterangannya, cara ini ditempuh guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Selain itu, juga turut mendukung upaya pemerintah dalam penggunaan cashless.

KAI Commuter mencatat pengguna KRL yang memanfaatkan transaksi uang elektronik dalam pembayaran tiket perjalanan KRL di stasiun tersebut sebanyak lebih dari 75 persen dari seluruh transaksi.

"Bagi #RekanCommuters yang menggunakan Tiket Harian Berjaminan Pergi Pulang (THB PP) masih dapat keluar (tap out) di stasiun tersebut kemudian masuk (tap in) kembali di stasiun tersebut," bunyi keterangan dalam unggahan.

Dilanjutkan pula, bagi yang menggunakan THB sekali jalan hanya dapat keluar atau tap out. Selain itu, juga masih bisa refund hingga satu minggu ke depan di stasiun tersebut.

"Ini merupakan salah satu upaya KAI Commuter untuk mengurangi antrean di loket serta mendukung upaya pemerintah dalam menerapkan cashless society," tutup keterangan itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transaksi

Dijabarkan pula transaksi di stasiun khusus uang elektronik, untuk Kartu Multi Trip (KMT) dapat transaksi untuk pembelian dan isi ulang, tap in atau masuk gate dan tap out atau keluar gate. Untuk Uang Elektronik Bank dapat membeli dan mengisi ulang di loket stasiun dengan catatan selama persediaan Uang Elektronik Bank tersedia.

Uang Elektronik Bank dapat dibeli dengan harga Rp37 ribu (sudah termasuk saldo Rp10 ribu). Uang Elektronik Bank juga bisa tap in atau masuk gate dan tap out atau keluar gate. Untuk jenis tiket Kode QR tidak dapat pembelian dan isi ulang, namun bisa tap in atau masuk gate dan tap out atau keluar gate.

Untuk jenis tiket THB PP (Stasiun Uang Elektronik melayani refund THB maupun THB PP pada batas tanggal kartu), tidak dapat pembelian dan isi ulang, namun bisa tap in atau masuk gate dengan catatan Tap in THB PP hanya dapat untuk perjalanan kedua atau perjalanan kembali, serta dapat tap out atau keluar gate.

Sedangkan, jenis tiket THB (Stasiun Uang Elektronik melayani refund THB maupun THB PP pada batas tanggal kartu) tidak dapat membeli dan mengisi ulang kembali, serta tap in atau masuk gate, tetapi hanya bisa tap out atau keluar gate.

3 dari 3 halaman

Polemik Operasional KRL Jabodetabek saat Pandemi Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.