Sukses

Pramugari Ungkap Alasan Sebaiknya Tak Lepas Sepatu di Pesawat

Kalau terjadi kesalahan dan penumpang terpaksa harus dievakuasi dari pesawat, maka sepatu sangat penting untuk selalu dikenakan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada sejumlah aturan yang sebaiknya diikuti saat kita naik pesawat terbang. Misalnya, soal pemakaian sepatu. Saat menempuh penerbangan jarak jauh, Anda mungkin ingin bersantai dan melepas sepatu.

Namun, melepas sepatu di pesawat ternyata tidak dianjurkan. Seorang mantan pramugari British Airways, Hayley Bowles, mengungkapkan alasan pentingnya tetap mengenakan alas kaki saat penerbangan, terutama saat pesawat lepas landas maupun mendarat.

Dilansir dari Express.co.uk, 21 Maret 2021, Bowles menjelaskan kalau penumpang diwajibkan untuk tetap mengenakan sepatu demi alasan keamanan. Kalau terjadi kesalahan dalam penerbangan dan penumpang terpaksa harus dievakuasi dari pesawat, maka sepatu sangat penting untuk selalu dikenakan.

"Jika Anda sedang dievakuasi dari pesawat, Anda memerlukan sepatu dan Anda harus berlari," kata Bowles. Ia pun mencontohkan sebuah kecelakaan pesawat yang terjadi pada September 2015.

Saat itu, sebuah pesawat British Airways terbakar saat akan lepas landas di landasan pacu Bandara Internasional McCarran di Las Vegas, Amerika Serikat. Pada saat itu penumpang harus dievakuasi dan bagi mereka yang tidak mengenakan sepatu tentu akan sangat berisiko dan berbahaya.

"Di beberapa tempat, seperti di Las Vegas iklimnya sangat panas, telapak kaki mereka bisa saja terasa terbakar saat lari melintasi landasan," ujar Bowles.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Lepas Sepatu di Toilet

Bowles yang mengambil hikmah dari insiden tersebut, mengungkapkan pentingnya untuk tidak melepas sepatu saat berada di pesawat. Selain itu, Bowles juga mengatakan bahwa pramugari selalu mengingatkan para penumpang agar selalu memakai sepatu mereka saat pesawat akan lepas landas.

Meski para penumpang tidak tahu alasannya, pramugari akan tetap menekankan instruksi itu demi keselamatan. Selain itu, ia juga menganjurkan penumpang untuk tetap mengenakan sepatu saat di kabin pesawat, bahkan saat pergi ke toilet sekalipun.

Diansir dari Quora, seorang pramugari berpengalaman yang telah terbang kurang lebih 34 tahun mengungkapkan bahwa melepas sepatu dan hanya mengenakan kaus kaki saat pergi ke toilet adalah hal yang menjijikkan.

Alasannya, lantai toilet terkadang tidak dibersihkan secara teratur.Ia menyarankan, saat Anda meninggalkan tempat duduk untuk berjalan dan meregangkan tubuh atau pergi ke toilet, sebaiknya tetaplah kenakan sepatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.