Sukses

Astronaut Perempuan Rusia Jadi Inspirasi Boneka Barbie Terbaru

Astronot perempuan asal Rusia ini dianggap pantas jadi panutan bagi banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta - Barbie baru saja menciptakan dua boneka yang terinspirasi dari astronaut perempuan asal Rusia, Anna Kikina. Peluncuran boneka ini adalah bagian dari kampanye produsen Barbie, Mattel, yang bertajuk "You Can Be Whoever You Want" guna mendorong anak-anak perempuan agar bisa meraih cita-cita setinggi mungkin.

Dilansir dari Moscow Times, Senin (22/3/2021), Kikina jadi satu-satunya perempuan Rusia yang dijadwalkan akan melakukan ekspedisi luar angkasa dalam waktu dekat. Kendati, menurut catatan, Kikina merupakan perempuan Rusia kelima yang melakukan perjalanan ke angkasa luar.

Menurut Badan Antariksa Federal Rusia, Roscosmos, Kikina dipilih sebagai inspirasi Barbie karena dianggap cocok jadi panutan bagi banyak orang. Terlebih, sang astronaut memiliki karakter yang kuat.

"Anna berani dan lembut, bijaksana dan punya selera humor yang tinggi. Selain itu, kepribadiannya juga baik dan profesional," tulis Roscosmos di laman resminya.

Boneka Barbie edisi Kikina diproduksi secara eksklusif dengan tampilan yang mirip seperti dirinya. Boneka ini hadir dengan dua setelan busana, yaitu jumpsuit putih dan biru. Menurut Roscosmos, boneka Barbie itu tidak direncanakan dijual ke pasaran.

Sementara itu, Kikina mengaku senang dan bangga bisa jadi salah satu inspirasi boneka Barbie. Kikina berharap, dirinya bisa jadi panutan bagi anak-anak perempuan dalam mewujudkan cita-cita dan mimpi mereka.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mewujudkan Mimpi

Selama ini, Anna Kikina dilatih jadi insinyur untuk memperbaiki situasi-situasi gawat di angkasa luar. Selain jadi kosmonot, sebutan untuk astronaut di Rusia, perempuan 36 tahun ini juga pernah bekerja sebagai pembawa acara di Radio Siberia.

Perempuan yang hobi rafting dan terjun payung ini telah jadi astronot sejak 2012, rencananya akan diterbangkan ke orbit untuk misi pertamanya di 2022.

Pembuatan Barbie astronaut ini juga untuk memperingati 60 tahun manusia pertama melakukan misi ke angkasa luar. Kikina sendiri bukan astronot perempuan pertama yang dibuatkan boneka Barbie. Sebelumnya, ada Valentina Tereshkova, kosmonot perempuan pertama Rusia yang terbang ke orbit pada 1963.

Setelah itu, ada tiga perempuan Rusia lain yang pernah ke angkasa luar, yaitu Svetlana Savitskaya (1982 dan 1984), Elena Kondakova (1994,1995 dan 1997), serta Elena Serova (2014-2015).

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Tali Strap di Masker, Apa Risikonya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.