Sukses

Fenomena Warga Taiwan Ganti Nama Jadi Salmon demi Sushi Gratis

Kejadian ini membuat pemerintah Taiwan mengimbau warganya untuk tidak mengubah nama jadi salmon.

Liputan6.com, Jakarta - Sushi merupakan sajian khas Jepang yang telah digemari orang seantero jagat. Kesenangan ini akhirnya membuat tak sedikit orang Taiwan melangkah lebih jauh demi mengonsumsi sushi secara gratis.

Dilansir dari laman CNN, Senin (22/3/2021), hal ini dilakukan sejumlah warga Taiwan dengan secara resmi mengganti nama mereka jadi "salmon." Nama tersebut kemudian dimanfaatkan untuk menikmati promosi restoran.

Melihat fenomena tersebut, pada Rabu, 17 Maret 2021, Kementerian Dalam Negeri Taiwan turun tangan mendesak orang-orang untuk berpikir dengan hati-hati sebelum mengubah nama mereka. Menurut Undang-Undang Nama Taiwan, orang berhak melakukannya hanya tiga kali.

Artinya, secara teori seseorang bisa saja terjebak dengan nama itu. Hampir 100 orang mendaftar untuk mengubah nama mereka sebagai bagian dari promosi jaringan restoran Sushiro, yang berlangsung hingga Kamis lalu, menurut Kantor Berita Pusat (CNA) resmi Taiwan.

Pada Senin pekan lalu, jaringan restoran mengumumkan akan memberi sushi gratis pada siapa saja yang namanya memiliki karakter berbunyi 'Gui' dan 'Yu,' yang menurut CNA berarti "salmon" dalam bahasa China.

Orang tersebut, ditambah hingga lima tamu, bisa mendapat makanan gratis. Hal ini dapat dinikmati setelah mereka membuktikan perubahan nama menggunakan identitas resmi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lonjakan Perubahan Nama

Dalam sebuah unggahan di Facebook, Sushiro mengungkap akan menawarkan diskon yang lebih rendah pada siapa pun yang menambahkan hanya salah satu karakter China itu ke nama mereka sebagai bagian dari promosi, kata CNA.

Promosi itu mendorong terjadinya perubahan nama di kantor pendaftaran rumah tangga di seluruh Taiwan. Seorang pria yang mengubah namanya pada Rabu lalu dilaporkan menyebut pada pejabat bahwa ia berencana mengubahnya kembali usai memanfaatkan promosi itu.

Kantor registrasi lain menyampaikan telah berhasil menghalangi pria lain untuk mengubah namanya. Sedangkan yang lain menyebut seorang pria terus maju dengan perubahan nama resmi jadi "salmon" meski telah mengganti namanya sekali sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.