Sukses

Daftar 20 Negara Paling Bahagia di Dunia di Tengah Situasi Pandemi Covid-19

Selain melansir negara-negara paling bahagia di dunia 2021, dirilis juga daftar negara paling sengsara.

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan Hari Kebahagiaan Internasional (International Day of Happines) tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 20 Maret, Laporan Kebahagiaan Dunia 2021 ikut dirilis. Riset tetap dilakukan di tengah masa pandemi Covid-19 yang menewaskan lebih dari 2,6 juta orang di seluruh dunia.

Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia. Islandia berada di urutan kedua, diikuti oleh Denmark, Swiss, dan Belanda, seperti dilansir dari Forbes, Sabtu, 20 Maret 2021.

Diluncurkan pada 2012, Laporan Kebahagiaan Dunia adalah survei tahunan yang dilakukan oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB. Survei tersebut memeringkat kebahagiaan global di negara-negara di seluruh dunia.

Biasanya, ahli statistik mendasarkan peringkat pada data dari Gallup World Poll. Namun, tahun ini sedikit berbeda, karena para peneliti tidak dapat mewawancarai responden tatap muka di sejumlah negara. Mereka fokus pada hubungan antara kesejahteraan dan Covid-19 untuk menentukan peringkat negara tersebut.

"Anehnya, secara rata-rata, tidak ada penurunan kesejahteraan jika diukur dengan evaluasi orang itu sendiri terhadap kehidupan mereka," kata profesor University of British Columbia, John Helliwell, salah seorang di balik laporan tersebut.

“Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa orang melihat Covid-19 sebagai ancaman umum dari luar yang memengaruhi semua orang dan hal ini telah menghasilkan rasa solidaritas dan perasaan sama yang lebih besar," imbuh dia.

Selain negara paling bahagia di dunia, Laporan Kebahagiaan Dunia juga melihat tempat-tempat orang paling sengsara. Tahun ini, negara-negara seperti Afghanistan, Zimbabwe, Tanzania dan Yordania masuk dalam peringkat beberapa negara paling tidak bahagia di dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

20 Negara Paling Bahagia di Dunia

Berikut daftar 20 negara yang paling bahagia di dunia. Adakah negara-negara di bawah ini yang pernah Anda kunjungi?

1. Finlandia

2. Islandia

3. Denmark

4. Swiss

5. Belanda

6. Swedia

7. Jerman

8. Norwegia

9. Selandia Baru

10. Austria

11. Israel

12. Australia

13. Irlandia

14. Amerika Serikat

15. Kanada

16. Republik Ceko

17. Belgia

18. Inggris

19. China

20. Prancis

3 dari 3 halaman

Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.