Sukses

Tips Tetap Aman dan Nyaman Saat Staycation

Untuk urusan booking hotel, kamu bisa mengandalkan Tokopedia yang menyediakan hotel booking service hampir di seluruh hotel Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang sering beraktivitas di luar dan rutin membuat jadwal liburan, memang nggak mudah untuk 'berdiam diri' saja di rumah. Tapi jangan keburu khawatir nggak bisa liburan di masa pandemi. 

Jika nggak mau pergi terlalu jauh, kamu bisa memilih staycation sebagai opsi liburan serumu bareng teman atau keluarga. Ya, kamu hanya perlu memilih hotel yang akan dijadikan tujuan liburan alias staycation-mu. 

Tapi sebelum dijadwalkan, ada baiknya kamu mengetahui tips aman dan nyaman staycation berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cek Kondisi Tubuh

Ini adalah hal utama yang harus kamu pastikan. Kamu diwajibkan melakukan staycation dalam kondisi fisik sehat. Jika merasa nggak enak badan, baiknya ditunda dulu ya!

 

3 dari 6 halaman

2. Hindari Tempat Ramai

Setiap hotel yang dituju memiliki sejumlah fasilitas yang bisa bisa digunakan para tamunya. Mulai dari pusat kebugaran, kolam renang, spa, hingga area bermain anak. 

Jika area publik itu dipenuhi banyak orang, ada baiknya hindari dulu ya. Ini dilakukan untuk menghindari risiko tertular virus. Tapi jangan lupa, meski nggak berada di area publik, saat keluar kamar hotel, pastikan kamu tetap menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, termasuk botol minum sendiri. 

 

4 dari 6 halaman

3. Request Kamar

Menurut penelitian, virus Covid-19 dapat bertahan hingga lima hari. Meski setiap hotel kini telah menerapkan standar kesehatan dengan melakukan disinfeksi, namun ada baiknya kamu mengajukan permintaan kamar yang sudah kosong selama tiga hari. 

Ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan tertular dari virus lain yang menempel di permukaan benda di area kamar. Jika permintaanmu nggak bisa terpenuhi, nggak perlu khawatir. 

Kamu hanya perlu memastikan lagi bahwa kamar yang kamu pesan dan siap ditempati itu sudah benar-benar bersih. Oh ya selain itu, pilih juga kamar yang memiliki balkon atau jendela, agar kamu bisa mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik dan lebih segar.   

5 dari 6 halaman

4. Peralatan Mandi

Setiap hotel memang menyediakan peralatan mandi untuk tamunya. Mulai dari handuk, sikat gigi, pasta gigi, sampo, dan sabun. Tapi ada baiknya kamu memasukkan peralatan mandimu sendiri ke daftar barang bawaanmu. 

 

6 dari 6 halaman

5. Perhatikan Proses Check In

Sesampainya di hotel tujuan, kamu pasti akan menuju ke meja resepsionis untuk melakukan proses check in. Ketika proses check in, kamu harus membubuhi tanda tangan sebagai tanda persetujuan menginap di hotel. Nah, ada baiknya biar lebih aman, bawalah pulpen sendiri. 

Nah sebelum menikmati staycation, pastikan kamu sudah memilih hotel yang mumpuni dan sehat. Untuk urusan booking hotel, kamu bisa mengandalkan Tokopedia. 

Itu karena Tokopedia menyediakan hotel booking service hampir di seluruh hotel Indonesia, hotel di Bandung, hotel di Malang, pesananmu dipastikan tersedia. Jadi kamu nggak perlu khawatir kehabisan kamar waktu check-in. 

So, kamu hanya perlu mencari nama hotel, mengatur tanggal sesuai dengan keinginan, melakukan transaksi, dan reservasi hotel dalam genggaman. Selain memiliki banyak pilihan hotel, Tokopedia juga punya berbagai promo menarik. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini