Sukses

Jakarta Masuk Daftar 10 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia

Jakarta ternyata termasuk kota dengan harga segelas kopi termahal di dunia, siapa di peringkat pertama?

Liputan6.com, Jakarta - Kopi termasuk minuman terpopuler di seluruh dunia saat ini, termasuk di Indonesia.  Kita bisa menjumpai banyak warung kopi atau kedai kopi di tiap sudut jalan di Jakarta maupun di kota-kota lainnya di Indonesia.  Harga kopi umumnya ditentukan berdasarkan kualitas kopi tersebut.

Baru-baru ini, GO Banking Rates merilis daftar harga-harga kopi di seluruh dunia. Studi ini mempelajari tingkat biaya hidup global dari UBS di 77 kota di dunia. Mereka juga mengungkap harga secangkir kopi di 77 kota tersebut yang ditemukan sangat bervariasi.

Indonesia yang diwakili Jakarta ternyata menjadi salah satu kota dengan harga secangkir kopi yang terbilang mahal. Berapa harga rata-rata kopi di Jakarta, dan kota mana yang menjual kopi termahal? Dikutip dari laman resmi GO Banking Rates, berikut 10 kota dengan harga secangkir kopi termahal.

10. Dublin, Irlandia

Budaya kopi instan berubah saat jaringan kopi besar seperti Starbucks masuk ke Irlandia. Kini, Irlandia terutama Dublin, dipenuhi dengan kedai-kedai kopi kecil berkesan mewah yang menyajikan kopi spesial buatan tangan. Harga secangkir kopi di Dublin mencapai 3,59 dolar AS atau sekitar Rp50 ribu.

9. Oslo, Norwegia

Norwegia diakui sebagai salah satu negara yang mengalami musim dingin terlama. Selama musim dingin, masyarakat di sana, terutama di Oslo, sering mencari kopi untuk dihidangkan sebagai minuman sehari-hari. Harga per gelas kopi biasanya dijual sekiyar 3,88dolar AS atau Rp 56 ribu.

8. Athena, Yunani

Yunani sering mengalami musim panas yang sangat lama, karenanya setiap kopi di sana sering disajikan dengan tambahan es. Mereka menamakan kopinya dengan sebutan cappuccino dan espresso Freddo. Setiap gelas kopi di ibu kota Yunani, Athena, bisa dibeli dengan harga 3,88 dolar AS atau setara Rp57 ribu, lebih mahal sedikit dari Oslo.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7. Tel Aviv, Israel

Sejak 1950-an, saat Mordechai Shor mulai memproduksi mesin espresso Israel pertama, yang disebut 'La Favorita', budaya kopi Israel berkembang pesat. Masyarakat Israel lebih menikmati kopi yang dekat dengan budaya kopi Eropa, terutama Italia. Harga secangkir kopi di Tel Aviv mencapai 4,09 dolar AS atau sekitar Rp58 ribu

6. Jakarta, Indonesia

Siapa sangka, Jakarta ternyata termasuk salah satu kota dengan harga kopi yang cukup mahal. Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil biji kopi berkualitas tinggi, jadi tak heran kalau kopi di sini masuk dalam daftar termahal di dunia. Untuk menikmati segelas kopi di Jakarta, Anda harus menyediakan uang 4 dolar AS atau sekitar Rp60 ribu.

5. Paris, Prancis

Kopi paling terkenal di Prancis adalah un cafe atau espresso. Warga Prancis kurang menikmati latte sebagai kopi mereka, mereka lebih menyukai kopi hitam yang disajikan secara utuh atau ditambahkan sedikit steamed milk. Segelas kopi espresso di Paris bisa mencapai harga 4,13 dolar AS atau sekitar Rp 61 ribu.

4. Moskow, Rusia

Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Rusia mungkin sudah berakhir. Tapi, 'perang kopi' sepertinya masih berlangsung di antara kedua negara. Salah satu contohnya, kopi jenis Americano sekarang ini lebih populer dengan istilah 'Russiano' di sejumlah kedai kopi di Rusia. Harga secangkir kopi di Moskow sekitar 4,31 dolar AS atau Rp62 ribu.

3 dari 4 halaman

3. Shanghai, China

Selama ribuan tahun, teh memang menjadi minuman populer di China. Kopi baru berkembang menjadi industri pada akhir 1980-an, saat pemerintah China berupaya untuk menopang industri kopinya dengan bantuan dari Bank Dunia dan program pembangunan PBB.

Masyarakat China sebelumnya lebih gemar minum kopi instan. Namun, berkat kehadiran Starbucks dan para generasi muda, minuman kopi jadi lebih kompleks. Kini, harga secangkir kopi di Shanghai mencapai 4,6 dolar AS atau sekitar Rp66 ribu.

2. Dubai, Uni Emirat Arab

Tak hanya punya banyak bangunan mewah dan barang-barang mahal, harga kopi di Dubai juga termasuk mahal. Kopi menjadi bagian yang populer dalam budaya ramah tamah masyarakat Timur Tengah.

Uni Emirat Arab, khususnya Dubai, menjadi yang pertama di kawasan Timur Tengah yang membudayakan minum kopi.Gaya hidup masyarakat di Dubai yang memang mahal tersebut, membuat harga kopi di sana pun dibanderol dengan harga selangit, yaitu sebesar 5 dolar AS atau setara dengan Rp 72 ribu per gelasnya.

1. Kopenhagen, Denmark

Cuaca dingin membuat Denmark menjadi salah satu negara dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia. Kalau secangkir kopi di Dubai dapat dibeli di harga Rp72 ribu, di Kopenhagen cukup jauh lebih mahal dari itu. Biasanya, kopi di kota ini dibanderol 6,2 dolar AS atau sekitar Rp 90 ribu.

Namun, jangan harap Anda bisa menemukan kopi-kopi dengan beragam varian seperti di Indonesia. Orang-orang Skandinavia, termasuk Denmark, lebih menyukai kopi hitam yang pekat.

4 dari 4 halaman

Infografis Daerah Penghasil Kopi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.