Sukses

Soto Betawi Dijual di Jepang, Harganya Capai Rp160 Ribu Seporsi

Soto betawi tak hanya ada di Indonesia, tapi juga di Jepang. Sebuah restoran di Tokyo menghidangkan kuliner khas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bendera Indonesia, merah putih yang digantung di sebuah besi tampak menghiasi sebuah restoran soto di Chiyoda City, Tokyo, Jepang. Di papan namanya yang berwarna merah dan putih itu terdapat tulisan Soto Betawi Miyamoto.

"soto betawi miyamoto," twit akun @howtodresvvell, 17 Maret 2021. Dalam ada dua foto yang ditampilkan dalam kicauan tersebut.

Pertama, tampak tiga orang hendak masuk ke dalam gerai tersebut. Mereka tampak mengenakan jaket hitam dan masker. 

Kedua, pengguna Twitter itu juga mengunggah menu di restoran tersebut. Dalam menu itu tertera Soto Betawi Special, Soto Betawi Set, Soto Betawi, dan Daging Balado Bowl. Di bawah tertulis harga makanan-makanan itu.

Soto Betawi Special dibanderol 1.200 yen atau Rp160 ribu, sementara Soto Betawi Set 950 yen atau Rp126 ribu. Lain lagi dengan harga Soto Betawi 850 yen atau Rp112 ribu dan Daging Balado Bowl 800 yen setara Rp105 ribu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Singgung Harga

Unggahan tersebut mendadak ramai jadi perbicangan warganet. Namun, mereka lebih banyak menyorot tentang harga kuliner Indonesia yang kini hadir di Jepang.

"Soto betawi sama nasi mahal juga 160K di Jepang," kicau seorang warganet. "beli soto 150 ribu bisa mandi sekuali nya," komentar yang lain.

Seorang warganet lain pun memberi penjelasan. "Ya karena mindset lu adalah nasi dengan harga di indo dan nasi di jepang sama," jelasnya.

Setelah ditelusuri, rupanya soto betawi Miyamoto awalnya bernama Soto Betawi Bang Rojak. Nama Bang Rojak terlihat papan nama restoran itu. Penggunaan nama itu agar lebih menyesuaikan lidah orang Jepang.

3 dari 3 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.