Sukses

6 Fakta Menarik tentang Bontang, Salah Satu Kota Terkaya di Indonesia

Bontang berada di Provinsi Kalimantan Timur yang awalnya hanya perkampungan di dekat aliran sungai.

Liputan6.com, Jakarta - Bontang merupakan sebuah kota di Provinsi Kalimantan Timur, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Karyanegara, dan Selat Makassar. Di kota ini berdiri tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda, yakni Badak NGL (gas alam), Pupuk Kalimantan Timur, dan Indominco Mandiri (batubara).

Bontang memiliki luas wilayah 49,757 km persegi dengan total populasi mencapai 170 ribu jiwa lebih. Kota ini pertama kali berdiri pada 1999 lalu, tepatnya 12 Oktober 1999. Bontang merupakan kota yang berorientasikan di bidang industri, jasa serta perdagangan.

Bontang menjadi kota industri yang mengalami perkembangan sangat siginifikan. Bersama dengan Samarinda dan Balikpapan, Bontang adalah penggerak ekonomi utama di provinsi Kalimantan Timur dan juga Pulau Kalimantan.

Namun, hal-hal menarik tentang Bontang tak hanya itu. Liputan6.com merangkum enam fakta di antaranya yang dikutip dari berbagai sumber, Rabu, 17 Maret 2021.

1. Berawal dari Perkampungan

Sebelumnya, Bontang hanyalah perkampungan yang terletak di daerah aliran sungai yang kemudian berubah status menjadi sebuah kota. Ini merupakan tuntutan dari wilayah yang majemuk dan terus berkembang.

Jauh sebelum menjadi wilayah Kota Administratif, tepatnya pada 1920, Bontang ditetapkan menjadi ibu kota dengan kecamatan yang kala itu disebut Onder Distrik van Bontang dan dipimpin oleh seorang asisten wedana yang bergelar Kiyai.

Status Bontang lalu meningkat menjadi kecamatan. Setelah ditetapkan Undang-Undang No. 27 Tahun 1959 tentang pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan Timur dengan menghapus status Pemerintahan Swapraja, ditetapkanlah Bontang menjadi sebuah Kota yang berada di Provinsi Kalimantan Timur ini.

2. Kota Layak Anak

Bontang meraih penghargaan keempat kalinya sebagai Kota Layak Anak (KLA) pada 2019 lalu dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (PPPA RI). Keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta organisasi perangkat daerah (OPD) Anggota Gugus Tugas KLA maupun organisasi, lembaga masyarakat dan dunia usaha.

Bontang dikatakan layak anak karena telah memenuhi sistem pembangunan berbasis hak anak, melalui pengintegrasian komitmen seluruh stakeholder. Selain itu, Bontang juga akan mengembangkan tempat ibadah ramah anak melalui 21 MRA.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Salah Satu Kota Terkaya di Indonesia

Bontang menyandang predikat sebagai kota terkaya di Indonesia. Walaupun hanya memiliki tiga kecamatan, kota dengan penduduk lebih dari 170 ribu jiwa ini diberkati dengan kekayaan alam yang luar biasa.

Pasalnya, banyak berbagai investor besar dari luar negeri yang tertarik untuk membangun perusahaan di Bontang. Perusahaan besar di Bontang meliputi Badak NGL (perusahaan tambang gas alam), Indominco Mandiri (perusahaan tambang batu bara), dan masih banyak lagi. Lantas, tidak aneh jika kota yang satu ini memiliki pendapatan per kapita pada 2014, lebih dari Rp300 juta setiap tahunnya.

4. Bontang Kuala, Wisata Kampung Atas Air

Bontang memiliki wisata maritim yang diunggulkan yaitu Bontang Kuala. Kampung nelayan ini menonjolkan keunikannya berupa kampung di atas air dengan daya tarik unik serta fasilitas lengkap. Destinasi wisata di kampung nelayan saat ini tidak boleh dipandang remeh karena fasilitas yang tersedia untuk pengunjung sangatlah lengkap, mulai dari listrik, air bersih, hingga makanan khas Bontan.

Bontang Kuala terdiri atas dua wilayah, yaitu daratan dan di atas laut. Disebut sebagai kampung nelayan karena mata pencaharian dari penduduk di sini utamanya sebagai pencari ikan di laut.

Dinilai sebagai pemukiman yang sangat menarik lantaran tidak ada kampung yang memakai lantai serupa melainkan hanya kayu di sepanjang jalannya. Bilah kayu ulin ini justru jadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang penasaran dengan kekokohannya.

 

 

3 dari 4 halaman

5. Upacara Laut Bontang

Tradisi upacara laut Bontang merupakan perwujudan rasa syukur dan doa kepada Tuhan agar nelayan senantiasa dilindungi Tuhan dan mendapatkan hasil laut berlimpah untuk menyejahterakan keluarga nelayan. Kegiatan ini diadakan setiap tahunnya di Kota Bontang, antara November--Desember. Upacara laut ini menjadi salah satu acara tahunan yang melibatkan hampir seluruh warga, yakni hampir seperempat warga Kota Bontang berkumpul dalam satu tempat untuk menyaksikan upacara ini.

6. Makanan Khas Bontang

Makanan khas Bontang mungkin tidak sepopuler rendang ataupun gudeg, tapi rasanya tidak kalah enak. Salah satunya Gami Bawis, yakni makanan yang berbahan ikan bawis bercita rasa pedas. Ikan ini hanya hidup di perairan Kalimantan dan durinya pun tak banyak.

Gammi berarti sambal dalam bahasa Indonesia dan Bawis yakni ikan jadi ikan yang diberi sambal khusus khas Bontang. Bumbu gami terdiri dari bawang merah, cabai, dan tomat yang ditumis serta aneka bahan lainnya. Makanan ini biasa disajikan di atas cobek.

Selanjutnya ada Nasi Bekepor, yakni nasi putih yang dicampur dengan bumbu-bumbu khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat. Disajikan dengan sayur asam khas Kalimantan Timur yang diolah dengan campuran ikan air tawar seperti ikan patin atau gabus.(Melia Setiawati)

4 dari 4 halaman

Kalender Libur Nasional dan Cuti Bersama 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.