Sukses

10 Makanan Kaya Serat untuk Kecantikan Kulit Kamu

Ternyata makanan yang kaya serat juga dapat menjaga kesehatan kulit dan wajah kamu lho.

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita tentu mendambakan kulit yang cantik dan sehat. Untuk mencapai hal tersebut, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat.

Selama ini makanan kaya serat dikenal baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Semakin berkembang zaman, para peneliti menemukan bahwa serat ternyata juga dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan kulit.

Dikutip dari klikdokter, makanan kaya serat bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit di tubuh dan wajah kamu. Bila memiliki masalah kulit seperti jerawat, makanan berserat akan membantu menurunkan tingkat keparahan dan membantu proses penyembuhannya. Bahkan, makanan kaya serat yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang secara rutin dan teratur juga membantu menyamarkan noda bekas jerawat.

Manfaat makanan berserat lainnya adalah membuat kulit tampak lebih cerah, tidak kusam, dan lebih sehat. Guna merasakan manfaat serat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, seorang wanita memerlukan setidaknya 21-25 gram serat setiap hari. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan berserat berikut ini:

1. Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan kandungan lemak baik dan serat, serta diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Dalam 100 gram alpukat, terkandung 6,7 gram serat di dalamnya.

2. Pir

Buah pir memiliki rasa yang enak ini bisa dijadikan pilihan untuk asupan serat harian kamu. Satu buah pir mengandung 5,5 gram serat.

3. Brokoli

Sayuran hijau satu ini kaya akan serat serta mikronutrien lain yang baik untuk tubuh. Dalam semangkuk brokoli setidaknya terdapat 5,1 gram serat.

4. Edamame

Edamame menjadi salah satu cemilan favorit karena mengandung tinggi serat. Dalam 100 gram edamame terkandung 5 gram serat.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oat - Ubi

 

5. Sereal Oat

Oat adalah makanan yang terkenal dengan kandungan seratnya. Satu mangkuk oat mengandung 5 gram serat. Konsumsi Oatmeal yang terkenal sejak 1877 setiap hari untuk penuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Tidak hanya membantu kamu untuk tidur nyenyak, manfaat Oatmeal Instan ini juga baik untuk menjaga berat badan, daya tahan tubuh dan bebaskan tubuhmu dari resiko terkena penyakit jantung.

6. Apel

Buah apel terkenal akan kandungan serat yang cukup tinggi, terutama bila dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Satu buah apel mengandung sekitar 4,4 gram serat.

 

 

7. Ubi Jalar

Ubi ternyata termasuk dalam makanan berserat tinggi. Satu buah ubi jalar berukuran sedang mengandung 3,8 gram serat.

8. Nasi Merah

Nasi merah bisa jadi pilihan kamu. Dalam semangkuk nasi merah terdapat 3,5 gram serat di dalamnya.

9. Pisang

Jika kamu ingin memenuhi kebutuhan serat, pisang dapat menjadi salah satu pilihan. Dalam satu buah pisang ukuran sedang, terdapat 3,1 gram serat di dalamnya.

 

10. Roti Gandum

Roti gandum dapat dijadikan pilihan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Tiap lembar roti gandum memiliki 2 gram serat.

Itu dia beberapa contoh makanan kaya serat yang dapat kamu jadikan pilihan untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi makanan kaya serat dengan mencukupi kebutuhan cairan setiap hari, berolahraga teratur, cukup istirahat, dan hindari rokok maupun alkohol, agar manfaatnya bisa dirasakan dengan lebih optimal lagi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini