Sukses

Cara Pakai Tas Gunung dari Ramon Y. Tungka, Jangan Sampai Cedera

Paham cara memakai dan melepaskan tas gunung dengan benar bisa mengurangi risiko cedera.

Liputan6.com, Bandung - Petualangan luar ruang, seperti naik gunung, tak semata soal pengalaman tak terlupakan, namun juga bagaimana bisa selamat kembali ke rumah. Karenanya, memahami sederet aturan terkait keselamatan sudah tak bisa lagi ditawar. Ini sering kali juga mencakup hal-hal dianggap sepele, seperti cara memakai tas gunung.

Padahal, salah-salah, Anda bisa saja cedera, dan nantinya berpengaruh pada perjalanan itu sendiri. "Saya perlihatkan cara pakai tas gunung," kata brand ambassador Eiger Adventure, Ramon Y. Tungka, saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 16 Maret 2021.

Pertama, pastikan kedua tali tas di bagian kanan maupun kiri dalam keadaan sepenuhnya longgar. "Harus betul-betul sampai mentok. Kalian terus bisa ukur torsonya," kata Ramon. "Pakai tas, itu harus sambil duduk."

Setelah duduk, selempangkan salah satu tali di satu tangan, kemudian angkat tas. "Untuk masukin tangan yang satunya, itu posisi masih harus terus duduk," ayah anak satu itu menjelaskan.

"Kemudian, jangan tangan yang nyamperin tas, tapi tas yang harus mendekat ke tangan. Dorong tas dengan tangan yang sudah tersampir. Baru nanti tangan yang satunya jadi gampang buat tarik tas," tutur Ramon, mengatakan bahwa teknik ini menghindari otot tangan terjepit hingga akhirnya ngilu.

"Atau kalau tidak nemu juga, ambil tali (tas gunung) dari atas. Kemudian dorong supaya dipakainya bisa lebih mudah. Setelah itu, kencangkan tali di dekat pinggang. Sudah kencang, baru berdiri pelan-pelan," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Melepaskan Tas Gunung

Usai berdiri dengan telah memakai tas gunung, Ramon Y. Tungka menjelaskan, tahap selanjutnya adalah mengencangkan tali di bagian belakang. "Jangan sambil berdiri tegak. Bungkukkan badan ke depan, baru kencangkan," tuturnya.

Tahap selanjutnya adalah mengencangkan tali di bagian dada. "Makanya kita juga harus tahu jenis tas yang kita pakai," Ramon menambahkan. Kemudian, saat melepas tas gunung, ada juga tahapan sederhana yang mesti diperhatikan.

"Lepaskan dulu tali di bagian dada, jangan dari bawah, nanti bisa tercekik," ucapnya. "Kemudian, longgarkan dulu semua tali tas. Baru bisa ditaruh pelan-pelan," ucap pemain film Martabak Bangka tersebut.

Soal perawatan, tutur Ramon, saat ditaruh, pastikan tali tas berada di kondisi longgar sepenuhnya. "Ini tas apa pun ya," ujarnya.

3 dari 3 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.