Sukses

6 Cara Merawat Guinea Pig, Kenali Jenis Makanan hingga Siapkan Kandang

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara merawat guinea pig.

Liputan6.com, Jakarta - Guinea pig adalah hewan peliharaan yang ramah dan ingin tahu. Namun, hewan yang juga dikenal sebagai cavies ini perlu perhatian rutin guna memastikan mereka tetap sehat dan bahagia.

Dengan perawatan yang baik, guinea pig dapat hidup hingga sepuluh tahun. Lantas, apa saja cara merawat guinea pig tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Rspcansw, Kamis, 18 Maret 2021, berikut ini.

1. Suka berkawan

Guinea pig merupakan hewan yang pandai bersosialisasi. Hewan satu ini akan lebih bahagia bila dipelihara dengan guinea pig lainnya.

Pastikan kedua hewan ini memiliki jenis kelamin yang sama atau setidaknya satu jenis kelamin yang telah dikebiri. Jangan memelihara guinea pig dan kelinci secara bersamaan, karena kelinci dapat menularkan penyakit.

2. Kenali jenis makanan

Guinea pig merupakan hewan herbivora, suka memakan tumbuh-tumbuhan, seperti brokoli, kubis dan seledri. Memberi pakan hewan satu ini harus konsisten.

Jangan memberi makan guinea pig biskuit, roti dan kacang mentah, karena mengakibatkan gangguan pencernaan. Jangan lupa untuk memberi vitamin C dan pelet yang berkualitas tinggi agar lebih sehat.

3. Siapkan kandang

Kandang guinea pig harus berukuran 1 x 0,7 meter, dan tinggi 0,7 meter. Lapisi kandang dengan koran dan jerami rumput lembut untuk memberi bantalan dan mecegah cedera kaki. Simpan kandang di area yang berventilasi baik, antara 18--26 Celcius, dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Pembersihan perawatan bulu

Perawatan bulu guinea pig sangat penting apabila sudah agak panjang, yakni dengan cara rajin menyisir pada bulu supaya tidak tampak kusut. Pembersihan yang teratur juga akan membantu membangun kepercayaan dirinya untuk menjadi ramah dan mudah bergaul.

5. Bersihkan kandang

Kesehatan pada guinea pig sangat penting untuk dijaga. Sebut saja dengan membersihkan kandang dan memberi makan yang baik dapat membantu mencegah masalah kesehatan umum, termasuk infeksi pernapasan dan masalah kulit. Anda juga bisa memberi guinea pig kayu untuk mengunyah yang terbuat dari kayu mentah untuk mengikis giginya.

6. Hati-hati dengan kutu

Guinea pig membutuhkan perawatan tambahan, menyiapkan area yang luas dan berumput untuk berolahraga agar hewan peliharaan Anda sehat. Guinea pig sangat rentan terhadap kutu, menjaga kesehatan pada bulu yang ekstra dengan memandikannya. Sebelum merawat, sebaiknya bicara dengan dokter hewan tentang perawatan kutu yang tepat jika diperlukan. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.