Sukses

Viral dan Inspiratif, Kain Lap Murah Dibuat Jadi Baju

Kya Nayda sering membagikan video DIY termasuk membuat baju dari kain lap.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya untuk hiburan, ada banyak konten kreatif yang bisa jadi inspirasi di media sosial seperti di TikTok. Salah satunya adalah cara membuat baju dari kain lap.

Ini bukan sebuah ide yang mustahil atau sekadar sensasi. Adalah seorang wanita bernama Kyra Nayda yang mewujudkan ide menarik ini. Kyra membagikan sebuah video pembuatan baju dari kain lap lewat akun TikTok @kynayda.

Baru-baru ini video tersebut disorot lagi usai berhasil masuk FYP (For You Page). Kyra menggunakan kain lap dengan harga sekitar Rp11 ribu untuk membuat baju atasan aesthetic miliknya.

Dipantau dari kolom komentar, wanita yang aktif di media sosial itu membutuhkan 3,5 kain lap untuk membuat baju tersebut. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat pola baju dan memotongnya sesuai gambar.

Selanjutnya, jahit kain lap yang sudah dipotong sesuai pola tadi. Setelah itu, pindahkan cantelan kecil yang biasanya ada di pojokkan kain lap ke bagian depan baju.

Nantinya bagian itu akan menjadi pengait tali hiasan yang ditambahkan sebagai aksen untuk baju tersebut. Agar tidak terlalu membosankan, Kyra menambahkan kupnat atau lipatan kecil pada bagian bawah baju yang dibuatnya.

"Aku juga bikin kupnat kecil buat variasi," ucap Kyra dalam video buatannya. Setelah semua bagian pola baju disatukan dan ditambahi kupnat, langkah selanjutnya adalah membuat tali dari sisa kain lap yang tadi. Lalu saat dipakai, masukkan tali tersebut ke pengait di bagian depan yang sudah dibuat.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konten Kreator Fesyen

Video kreasi Kyra ini mendapat sambutan positif dari warganet di TikTok. Video yang sudah ditonton lebih dari 890 ribu kali itu juga mendapat ribuan komentar bernada pujian.

"Makin percaya sama kalimat: semua akan indah di tangan orang yang tepat. Ini contohnya," komentar seorang warganet. "Enak yah orang yang bisa jait, pengen pake outfit bisa bikin sesuai keinginan," timpal warganet lainnya.

Kyra Nadya sendiri selama ini dikenal sebagai konten kreator di bidang fesyen. Wanita asal Bandung ini sering membagikan video Do It Yourself atau DIY, cukup banyak membantu sejumlah orang dalam mengkreasikan suatu benda tanpa perlu membeli benda baru.

Seperti mengubah pakaian lama yang tadinya tak terpakai lagi, diubah jadi seperti baru. Kyra Nayda juga suka mengunggah kegiatannya saat traveling.

3 dari 3 halaman

3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.