Sukses

Saat Shahnaz Haque Kenang Ramadhan KH, Sastrawan yang Jadi Guru dan Mertuanya

Sebagai murid Shahnaz Haque berjanji akan membuat gurunya tersenyum.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dari unggahan presenter Shahnaz Haque kali ini. Bertepatan dengan 16 Maret 2021, istri Gilang Ramadhan itu mengunggah potret bersama almarhum mertuanya, sastrawan Ramadhan KH.

"15 tahun yang lalu, tepat tanggal ini, seorang sastrawan besar Indonesia meninggal pada hari ulang tahunnya yang ke-79 di Cape Town, Afrika Selatan," tulis Shahnaz sebagai keterangan foto, Selasa (16/3/2021).

Shahnaz menyebut Ramadhan KH merupakan gurunya. Ramadhan adalah pembenar diksi keliru yang sering meluncur ketika Shahnaz harus menulis atau berbicara untuk publik.

"Belasan tahun berlalu, ilmu yang diwariskan, walau belum sempat semua, sangat berdampak. Menjadikan seperti saya sekarang ini," kata Shahnaz.

Banyak orang, lanjut Shahnaz, yang menyukai tulisan atau cara dia menyampaikan sesuatu. Kredit itu sebenarnya lebih pantas untuk almarhum, karena Shahnaz hanyalah pelaku dari apa yang diturunkan.

"Dulu, kami sering berdebat ketika membedah buku karyanya, sebagai generasi jauh lebih muda, beliau membebaskan saya untuk memberikan kritik," tulis Shahnaz.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rindu

Dalam unggahannya itu, Shahnaz terlihat bersama keluarga Ramadhan, termasuk Gilang Ramadhan. Shahnaz tampak sangat akrab dengan lelaki yang kemudian menjadi mertuanya.

"Papah Tutun, Naz rindu. Kangen mendengar tawa, melotot mata karena tidak menyangka mantunya seberani itu ‘jorang’ di telinga mertua. Naz kehilangan duduk berdampingan berjam-jam tanpa berbicara dengan buku di tangan. Tatapan terakhir kita, sebelum Papah berpindah ke Kampung Illahi, bagaikan janji tak terucap," papar Shahnaz.

Dalam unggahan itu, Shahnaz mengatakan akan melakukan apa yang telah dipesankan oleh gurunya itu. Kata Shahnaz, ia mungkin bukan mantu, istri, atau ibu yang ideal.

"Tapi, saya berjanji akan selalu menjadi murid yang membuat gurunya tersenyum di alam penantian. Al-Fateehah. Aamiin," Shahnaz menegaskan.

3 dari 3 halaman

Syarat Lansia, Komorbid hingga Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.