Sukses

Ada Food Truck Sajikan Makanan Indonesia di Prancis, Rendang Jadi yang Terlaris

Rendang yang dijual di Prancis dibuat berbeda dengan di Indonesia untuk menyesuakan selera orang Prancis.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memang dikenal dengan kekayaan kulinernya. Tak hanya di dalam negeri, beberapa makanan Indonesia juga disukai di luar negeri, seperti rendang yang sudah diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, mungkin sudah biasa membeli dan makan rendang, mulai dari kedai di pinggir jalan sampai di restoran kelas atas. Namun bagaimana dengan di luar negeri seperti di Eropa? Apakah hanya dijual di restoran tertentu saja? Makanan Indonesia ternyata juga bisa dijumpai di pinggir jalan, tepatnya di food truck atau truk makanan.

Salah satunya dimilik oleh orang Indonesia yang tinggal di Prancis yaitu Junifia Asmara. Ia ternyata sudah cukup lama menjadi pengusaha foodtruck di Prancis dan menjual berbagai masakan khas Indonesia, termasuk rendang.

Dilansir dari video yang diunggah akun YouTube Narasi berjudul ‘Berjualan Rendang di Prancis, Mata Mata’, Senin (16/3/2021), dia mengungkapkan ada sedikit perbedaan antara rendang di Indonesia dengan yang dijualnya di Prancis.  Salah satu penyebabnya, karena rempah-rempah di Indonesia belum tentu ada di Prancis.

"Sebenarnya ada bahan lain. Kalau kayak bumbu pedas gitu banyak juga sih di sini, cuma rasanya jadi beda, makanya bahannya saya pesan langsung dari Indonesia," terang Junifia.

Selain itu, ia juga menyesuaikan kuah rendang dengan selera orang Prancis. Kalau di Indonesia rendang dibuat cenderung kering dan berwarna hitam, rendang di Prancis dibuat lebih berkuah. "Rendang di sini enggak bisa kering. Kalau kering, orang sini enggak bisa makannya, harus ada sausnya," ungkap Junifia.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkedel Jagung dan Satai Ayam

Rendang merupakan makanan yang terlaris yang dijajakan oleh Junifia di food truck miliknya yang diberi nama Le Java Bali Food Truck di kawasan Rouen, di bagian utara Prancis.

Setelah rendang, makanan Indonesia yang tidak kalah laris adalah perkedel jagung. Menu lainnya yang juga banyak disukai adalah mi goreng sambal matah dan satai ayam.

"Saya sudah dua sampai tiga kali ke sini, makanan yang dipesan biasanya ganti-ganti, tapi paling sering perkedel jagung dan rendang," kata Cyrielle dan Melanie, pelanggan setia foodtruck Junifia.

Tentunya tak hanya di Prancis, restoran maupun penjual makanan khas Indonesia juga bisa dijumpai di beberapa negara lainnya, seperti di Korea dan Amerika Serikat. Di sana ada beberapa orang Indonesia yang membuka usaha tempat makan dan restoran yang menjual kuliner khas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.