Sukses

Resep Ikan Baramundi Panggang dengan Salad Quinoa, Santapan Sehat nan Terlihat Mewah

Meski hanya disantap di rumah, Anda perlu mempercantik tampilan ikan baramundi panggang dengan salad quinoa secantik mungkin.

Liputan6.com, Jakarta - Bosan dengan hidangan di rumah yang itu-itu saja? Bagaimana bila mengolah ikan baramundi segar untuk dijadikan santapan lezat yang sehat?

Ikan baramundi atau lebih dikenal dengan ikan kakap putih merupakan salah satu komoditas laut unggulan di Indonesia. Dagingnya lembut dan tebal, sehingga banyak yang mengolahnya untuk dijadikan sop atau gulai ikan.

Namun, resep ikan baramundi kali ini berbeda. Chef Christo mengolahnya sebagai sajian sehat yang rendah minyak, yakni pan seared baramundi with quinoa salad.

Ikan baramundi diproses dengan dipanggang di atas wajan antilengket. Ikan yang digunakan adalah bagian perut tanpa duri yang berpotongan besar. Sementara, kulitnya tetap dibiarkan untuk memberi warna dan tekstur pada sajian akhir.

"Kalau mau memakai ikan fillet juga bisa, tetapi jangan dicuci karena itu akan membuat soggy (terlalu berair)," kata Chef Christo saat ditemui seusai Fun Cooking With Soiree bersama Modena dan Hotel Indonesia Kempinski, Sabtu, 13 Maret 2021.

Sementara, quinoa dipilih karena mengandung protein yang cukup, selain serat. Quinoa diolah dengan diaron, mirip cara mengolah beras. Quinoa merupakan serealia semu yang menjadi makanan pokok masyarakat Pegunungan Andes. Dibilang semu lantaran bijinya bukan termasuk golongan padi-padian.

Dalam resep kali ini, Chef Christo menerangkan agar quinoa dicuci bersih dua kali dan ditiriskan sebelum dimasak. Selanjutnya, quinoa dimasak di dalam panci anti-lengket dengan menambahkan air dan kaldu ayam. Masak hingga air menyusut, lalu didinginkan. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep Baramundi Panggang dan Salad Quinoa

Bahan-bahan Baramundi Panggang:

200 g ikan baramundi

2 pcs thyme

15 g minyak zaitun

garam dan lada.

 

Bahan-bahan Quinoa Salad:

30 g quinoa yang sudah diolah

90 g air kaldu ayam

1/2 butir bawang bombay merah (potong dadu)

1 cabai merah besar (potong dadu)

1 cabai habanero (potong dadu)

20 g kacang arab

20 g jagung pipil

1/4 potong zuchini (buang biji, iris)

5 helai daun ketumbar (cincang halus)

1 sdm air jeruk nipis

1 sdt paprika bubuk

garam dan lada.

 

Cara pembuatan:

1. Tuang minyak zaitun ke dalam pan, panggang baramundi yang sudah digarami dan diberi lada secukupnya. Panggang sisi kulit lebih terlebih dulu. Tambahkan thyme untuk menambah aroma. Setelah kecokelatan, balikkan ke sisi satunya, panggang hingga matang.

2. Siapkan penggorengan, tumis bawang bombay, kacang arab, jagung hingga matang. 

3. Masukkan cabai merah, cabai habanero, dan zuchini, tumis hingga setengah layu, matikan api.

4. Masukkan quinoa, tambahkan bubuk paprika, perasan jeruk nipis, daun ketumbar, garam, dan lada. Koreksi rasa. Angkat.

5. Tata salad dan ikan baramundi panggang di piring, sajikan.

3 dari 3 halaman

Kuliner Indonesia yang Mendunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.