Sukses

Inggris Rilis Aturan Baru untuk Perjalanan Internasional

Aturan perjalanan internasional di Inggris ini setidaknya akan berlaku sampai 27 Maret 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Inggris merilis aturan baru bagi wisatawan yang ingin meninggalkan wilayahnya. Melansir laman Lonely Planet, Jumat (12/3/2021), pelancong sekarang harus melengkapi formulir deklarasi perjalanan yang mengonfirmasi bahwa mereka diizinkan secara hukum untuk melakoni perjalanan internasional.

Pembatasan mobilisasi memang tengah diberlakukan di negara ini, dan penduduk Inggris hanya diizinkan bepergian ke luar negeri jika memiliki alasan yang diizinkan secara hukum.

Saat ini, perjalanan internasional untuk liburan merupakan tindakan ilegal. Aturan tersebut akan tetap berlaku setidaknya sampai persyaratan tinggal di rumah berakhir pada 29 Maret 2021.

Perjalanan liburan di bawah aturan peta jalan negara untuk mengurangi pembatasan penguncian direncanakan baru akan berlaku pada 17 Mei mendatang. Karenanya, mereka yang ingin bepergian ke luar negeri sekarang perlu melengkapi formulir deklarasi perjalanan, mencetak, serta menandatangani salinan formulir yang telah diisi atau menyimpan ke ponsel maupun perangkat lain.

Wisatawan mungkin diminta untuk menunjukkan formulir di terminal-terminal keberangkatan, dan membawa bukti pendukung alasan perjalanan mereka. Kendati demikian, pelancong tidak perlu melengkapi formulir untuk perjalanan di Inggris Raya, Irlandia, Kepulauan Channel, adan Pulau Man.

Beberapa orang juga dikecualikan dari ketentuan mengisi formulir pernyataan karena pekerjaan. Juga, perjalanan mereka ke luar negeri mungkin diizinkan berdasarkan batasan saat ini, seperti untuk pendidikan atau pekerjaan. 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kategori Perjalanan yang Diizinkan

Lebih lanjut dijelaskan, alasan yang diizinkan dalam perjalanan internasional dari Inggris, termasuk perjalanan penting untuk tujuan bisnis, kerja, sukarela atau pendidikan, yang tidak memungkinkan untuk dilakukan dari rumah.

Pergi untuk alasan medis dan kunjungan keluarga juga diizinkan dalam keadaan tertentu, seperti menghadiri pernikahan atau pemakaman anggota keluarga, mengunjungi makam, maupun peringatan penting lain. Bepergian tanpa formulir yang telah diisi merupakan tindak pidana di Inggris.

Mereka yang mencoba bepergian ke luar negeri tanpa alasan yang diizinkan secara hukum juga dapat didenda karena melanggar persyaratan tinggal di rumah. Perlu juga dicatat bahwa aturan yang berbeda berlaku untuk perjalanan internasional dari Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales.

3 dari 3 halaman

Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.