Sukses

6 Cara Mudah Bersihkan Kipas Angin dari Debu dan Kotoran yang Menempel

Selain lebih praktis, pembersihan kotoran pada kipas angin lebih mudah dan tak merepotkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kipas angin jadi salah satu pilihan banyak orang untuk mengusir hawa panas di dalam rumah. Selain praktis, kipas angin juga dinilai harganya lebih ekonomis dan hemat listrik.

Dari segi perawatannya, kipas angin juga terbilang mudah. Begitu pula saat membersihkan kotoran dan debu menumpuk pada baling-baling kipasnya.

Melansir dari laman Prolinerangehoods, Kamis, 11 Maret 2021, berikut cara mudah membersihkan kipas angin yang kotor dan berdebu.

1. Matikan Kipas Angin

Sebelum membersihkan, jangan lupa untuk mematikan kipas angin dan cabut kabelnya. Pastikan kipas angin tak terhubung listrik saat membersihkan. Membersihkan kipas angin saat masih terhubung listrik dapat membahayakan, seperti tersetrum atau memicu konsleting.

2. Lepaskan Bagian-bagiannya

Setelah mematikan kipas angin, bongkar dan lepaskan bagian-bagiannya. Siapkan obeng untuk melepaskan komponen pada kipas jika diperlukan. Dengan melepas bagian-bagiannya, pembersihan bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan alat dan bahan pembersih seperti sabun cuci, wadah berisi air hangat, handuk, dan sapu untuk membersihkan debu yang berjatuhan. Jangan lupa untuk memakai masker wajah saat membersihkan kipas angin untuk menjaga pernapasan dari debu-debu yang beterbangan.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mulai Membersihkan

Bersihkan kipas angin mulai dari penutup dengan kain lembab dengan cara digosok perlahan-lahan. Setelah itu, gunakan sabun untuk membersihkan baling-baling secara menyeluruh dengan hati-hati untuk menghindari korsleting listrik yang bisa mengakibatkan kipas angin rusak. 

5. Keringkan Bagian-Bagian Kipas Angin

Sebelum memasang kembali bagian-bagiannya, alangkah baiknya dikeringkan secara menyeluruh dengan menggunakan kain kering. Jangan sampai air merembes ke komponen listrik karena bisa berbahaya ketika dinyalakan.

6. Pasang Kembali

Langkah terakhir adalah memasang kembali bagian-bagian komponennya. Pasanglah bagian-bagian kipas angin dengan posisi yang benar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat dinyalakan kembali. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Bantuan DP Rumah Pekerja Informal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.