Pilot dan Pramugara Bertengkar Sampai Lengan Patah dan Gigi Copot Gara-Gara Toilet

Oleh Henry pada 11 Mar 2021, 09:02 WIB
Diperbarui 11 Mar 2021, 09:02 WIB
Pilot dan Pramugara Donghai Airlines Bertengkar Sampai Lengan Patah dan Gigi Copot Gara-Gara Toilet
Perbesar
Pilot dan Pramugara Donghai Airlines Bertengkar Sampai Lengan Patah dan Gigi Copot Gara-Gara Toilet. (dok.Instagram @spotter_jaylee/https://www.instagram.com/p/CFWy7tmhVps/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian mengejutkan sekaligus memalukan terjadi pada maskapai penerbangan China, Donghai Airlines. Seorang pilot dan pramugara terlibat perkelahian di dalam pesawat.

Peristiwa itu terjadi dalam pesawat Donghai dengan nomor penerbangan DZ6297 dari Nantong ke Xian pada 20 Februari 2021. Dilansir dari laman AsiaOne, 9 Maret 2021, pertengkaran itu terjadi sekitar 50 menit sebelum pesawat mendarat. Penyebabnya ternyata sangat sepele.

Pilot, yang identitasnya masih belum diungkapkan itu awalnya sedang menggunakan toilet di kabin kelas satu ketika penumpang kabin kelas satu juga ingin memakai toilet. Sang pilot meminta penumpang untuk menunggu di tempat duduk mereka, tapi diabaikan oleh penumpang yang tetap berdiri di depan toilet.

Pilot yang melihat penumpang masih berdiri di depan pintu ketika keluar dari toilet, kemudian memanggil seorang pramugara yang sedang mengawasi kabin kelas satu dan memarahinya.

Sang pilot menyalahkan pramugara di kelas satu tersebut karena membiarkan penumpang menunggu di lorong. '"Anda tidak melakukan pekerjaan dengan benar yang merugikan keselamatan penerbangan," katanya.

Namun sang pramugara menyangkal kesalahannya dan melontarkan penolakan atas tuduhan pilot tersebut.Keduanya kemudian terlibat perkelahian dan saling baku hantam. Akibatnya, gigi sang pilot copot dan lengan pramugara patah.

Kejadian itu direkam oleh beberapa penumpang dan dibagikan di media sosial. Setelah video perkelahian pilot dan pramugara tersebut viral, maskapai Donghai Airlines yang berbasis di Shenzen itu kemudian memutuskan untuk menskor keduanya.

"Argumen di antara anggota kru selama penerbangan akan diverifikasi secara internal dengan ketat. Anggota staf yang terlibat telah diskor untuk memastikan keselamatan penerbangan," terang perwakilan Donghai Airlines.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Ditugaskan Terpisah

Kursi Terisi Penuh, Penumpang Pesawat Maskapai Thailand Gagal Jaga Jarak
Perbesar
Ilustrasi suasana kabin pesawat yang penuh penumpang. (dok. Pexels/Dinny Mutiah)

Maskapai Donghai Airlines menyatakan sedang melakukan "perbaikan keselamatan secara keseluruhan" usai insiden tersebut. Sementara itu, pilot dan pramugara yang sempat berkelahi di dalam pesawat, saat ini sudah kembali menjalani tugas mereka.

Namun keduanya tidak diizinkan untuk bekerja pada penerbangan yang sama agar insiden memalukan tersebut tidak terulang lagi. Ini bukan kali pertama seorang pilot terlibat konflik.

Pada Juni 2019, seorang pilot dan pramugari maskapai Air India diselidiki terkait pertengkaran yang memaksa penerbangan dari Bangalore ke Kolkata ditunda lebih dari dua jam. Pemicunya, seperti dilaporkan AFP, pramugari menolak mencuci kotak makan yang dibawa pilot dari rumah dengan alasan mencuci peralatan pribadi yang dibawa pilot bukan tugas pramugari.

Sang pilot dan pramugari saling melempar umpatan bahkan nyaris baku hantam di depan para penumpang. Awak kabin lainnya ikut turun tangan dengan membawa keduanya keluar pesawat. Pilot dan pramugari yang tidak disebutkan identitasnya itu dibebastugaskan sampai penyelidikan usai.

3 dari 4 halaman

Infografis Pilot Batik Air Pingsan Saat Bertugas

Infografis Pilot Batik Air Pingsan Saat Bertugas
Perbesar
Infografis Pilot Batik Air Pingsan Saat Bertugas. (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓