Sukses

6 Khasiat Minyak Ikan Bagi Kecantikan, Cegah Jerawat Hingga Penuaan Dini

Minyak ikan tidak hanya terkenal untuk kesehatan jantung, otak dan reproduksi, minyak ikan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Kulit cantik dan sehat dambaan setiap orang, terutama bagi kaum hawa. Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu bisa rutin mengonsumsi minyak ikan. Ya, minyak ikan tidak hanya terkenal untuk kesehatan jantung, otak dan reproduksi, minyak ikan juga sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit. 

Dikutip dari klikdokter, minyak ikan adalah sumber makanan asam lemak omega-3 yang tinggi, sebuah nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Untuk bisa mendapatkan minyak ikan, kamu bisa mengonsumsi ikan trout, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon yang kaya akan omega-3. Berikut manfaat minyak ikan untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

1. Melindungi kulit dari bahaya sinar matahari

Omega-3 dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari UVA maupun UVB. Penelitian menunjukkan, kandungan omega-3, DHA, dan EPA dalam fish oil dapat mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar UV. 

Dalam sebuah studi, responden yang mengoleskan minyak ikan yang kaya EPA dan DHA ke kulit setelah terpapar UVB, 25 persen lebih sedikit alami kemerahan. Omega-3 juga dipercaya dapat mengurangi gejala fotosensitivitas termasuk ruam kulit setelah paparan sinar UV.

2. Membantu mengatasi jerawat

 

Makanan yang kaya omega-3 seperti minyak ikan dapat membantu mencegah atau mengurangi keparahan jerawat. Beberapa penelitian melaporkan penurunan lesi jerawat saat mendapat nutrisi omega-3, baik sendiri maupun bersama nutrisi lain. Manfaat Omega-3 juga memiliki manfaat untuk mengurangi efek samping isotretinoin, obat jerawat yang parah atau resisten.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Perlindungan dari kulit kering dan iritasi

Omega-3 dapat melembabkan kulit dan melawan kulit merah, kering, atau gatal yang disebabkan oleh kondisi seperti dermatitis atopik dan psoriasis. Omega-3 juga bisa meningkatkan fungsi pelindung kulit, meningkatkan kelembapan, dan mencegah iritasi kulit. 

Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi makanan kaya omega-3 setiap hari mengalami peningkatan 39% dalam hidrasi kulit setelah 12 minggu.

Asupan tinggi omega-3 juga dikaitkan dengan penurunan risiko dermatitis atopik pada bayi dan perbaikan gejala psoriasis pada orang dewasa. Meskipun begitu, masih banyak diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dosisnya yang tepat.

4. Cegah peradangan

Minyak ikan juga meningkatkan kekebalan untuk melawan partikel asing yang mencoba mengacaukan tubuh. Karena EPA pada minyak ikan adalah antioksidan dan agen antiinflamasi, EPA dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu memperbaikinya. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan, seperti peradangan eikosanoid dan sitokin.

3 dari 3 halaman

5. Mengurangi efek penuaan dini

Omega-3 memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas memiliki kaitan erat dengan proses penuaan dini. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Efek ini dapat mencegah keriput dan kendur pada kulit. 

6. Sehatkan rambut

Selain kaya omega-3, minyak ikan juga kaya protein. Nutrisi ini memperkuat rambut dari dalam, membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut.

Tertarik mendapatkan manfaat minyak ikan untuk kulit cantik. Kamu dapat mengonsumsi dua porsi ikan per minggu untuk mendapatkan asupan omega-3 yang cukup. Selain mengonsumsi ikan secara langsung, minyak ikan juga tersedia dalam bentuk suplemen cair, kapsul, atau pil.

 

Saat memilih suplemen, cari tahu lebih jauh tentang sumber omega-3 yang digunakan dalam suplemen tersebut. Sumber omega-3 yang baik bukan hanya sembarang ikan, namun ikan yang berasal dari laut dalam. Sebab ikan yang berasal dari laut dalam lebih terhindar dari polusi di permukaan lautan.

Salah satu solusi terbaik untuk kamu yang ingin mengonsumsi minyak ikan tanpa merasakan aroma amis dengan produk yang bersifat odourless. Tidak hanya kandungan DHA dan EPA, setiap softgel produk ini juga sangat kaya akan minyak ikan alami. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.