Sukses

3 Bandara Indonesia Masuk Daftar Bandara Terbersih di Asia Pasifik Selama Pandemi

Total terdapat tujuh bandara dalam daftar bandara terbersih di Asia Pasifik selama pandemi. Selain Indonesia, Tiongkok dan India juga mencatatkan nama mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Airport Council International (ACI) baru saja merilis daftar bandara terbersih di dunia. Penilaian terkait regulasi program untuk memperkuat aspek higienitas guna mencegah penularan Covid-19.

Bandara yang masuk dalam daftar tersebut kemudian meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region. Untuk kawasan Asia Pasifik, terdapat tujuh bandara yang meraih penghargaan tersebut. Tiga diantaranya ada di Indonesia, lalu satu di China, dan sisanya berlokasi di India.

Ketiga bandara di Indonesia yang dinobatkan sebagai peraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), dan Bandara Depati Amir (Tanjung Pinang).

"Penghargaan ini memberi bandara suatu metode andal untuk mengukur respons pelanggan terhadap tindakan (protokol) kesehatan dan mengakui keberhasilan bandara dalam merespons fokus (pelanggan) terhadap aspek higienis," jelas ACI, seperti dilansir dari laman resminya, Rabu (10/3/2021).

Best Hygiene Measures by Region sendiri merupakan kategori baru dari Airport Service Quality (ASQ) Awards 2020. Kategori ini diukur dari efektivitas program keselamatan dan higienis; kejelasan rambu dan instruksi terkait program keselamatan dan higienis; serta kemampuan staf bandara dalam mengaplikasikan program keselamatan dan higienis.

"Di tengah tahun yang sulit dan penuh tantangan ini, pelanggan telah mengutarakan pendapat dan mengakui kesuksesan tim Anda dalam mewujudkan layanan pelanggan yang luar biasa pada situasi menantang," kata Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira dalam suratnya pada Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dilansir dari laman resmi Angkasa Pura II.

"Prestasi Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Husein Sastranegara, dan Bandara Depati Amir bukan hanya keberhasilan semata AP II, tapi juga seluruh stakeholder antara lain Otoritas Bandara Kemenhub, maskapai, KKP Kemenkes, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina, TNI/Polri, pihak ground handling, dan Satgas Udara Penanganan COVID-19 yang sangat menjaga berjalannya protokol kesehatan," lanjut Awaluddin.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Vital Bandara

Awaluddin menambahkan, bandara yang memiliki peran vital di tengah pandemi Covid-19 adalah Bandara Soekarno-Hatta. "Kami berterima kasih atas kerja keras, kolaborasi, dan sinergi seluruh stakeholder sehingga Bandara Soekarno-Hatta di tengah pandemi ini dapat menerapkan protokol kebersihan terbaik di Asia Pasifik," tulisnya.

Director of Operation PT Angksasa Pura II Muhamad Wasid mengatakan, di tengah pandemi, perseroan untuk pertama kalinya di Indonesia memperkenalkan konsep Biosafety dan Biosecurity Management dalam memperkuat aspek higienitas di seluruh bandara.

Biosafety Management memiliki sejumlah program untuk memutus mata rantai penularan bahaya biologi, yakni biohazard precautions, environment screening, infrastructure sterilization, public health assurance, dan laboratory testing facilities. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Infografis Bandara Baru Yogyakarta Segera Beroperasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.