Sukses

Penyesalan Desainer Alexander Wang Usai Berkelit dari Tuduhan Pelecehan Seksual

Desainer Alexander Wang sempat membantah sejumlah tuduhan pelecehan seksual yang dialamatkan kepadanya pada Januari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer Alexander Wang merilis sebuah pernyataan melalui akun Instagram pribadi. Hal ini dilakukan desainer berusia 37 tahun itu setelah sejumlah orang mengajukan tuduhan pelecehan seksual terhadap dirinya pada Desember 2020 lalu.

Alexander Wang membagikan unggahan dengan latar hitam dan berisi pernyataan pada Senin, 8 Maret 2021. Tidak terlihat tulisan yang ia sertakan di kolom keterangan dan kolom komentar unggahan itu pun dinonaktifkan.

"Sejumlah orang baru-baru ini telah mengajukan tuntutan terhadap saya terkait perilaku pribadi saya di masa lalu," demikian bunyi keterangan pembuka.

"Saya mendukung hak mereka untuk maju, dan saya telah mendengarkan dengan cermat apa yang mereka katakan. Tidak mudah bagi mereka untuk berbagi cerita, dan saya menyesal bertindak dengan cara yang membuat mereka kesakitan," tambahnya.

"Sementara kami tidak setuju pada beberapa detail dari interaksi pribadi ini, saya akan memberikan contoh yang lebih baik dan menggunakan visibilitas dan pengaruh saya untuk mendorong orang lain mengenali perilaku berbahaya. Hidup adalah tentang belajar dan tumbuh, dan sekarang saya tahu lebih baik, saya akan melakukan lebih baik," tutupnya.

Dilansir dari laman Insider, Rabu (10/3/2021), Wang sebelumnya telah membantah tuduhan terhadapnya dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada Insider oleh oleh perwakilan pada Desember, yang menyebut tuduhan penyerangan "tidak berdasar dan sangat salah".

Ia juga bersumpah "untuk menyelami semua ini dan meminta pertanggungjawaban siapa pun yang bertanggung jawab membuat klaim tersebut dan dengan kejam menyebarkannya secara online. Beberapa hari kemudian, Alexander Wang secara terbuka membantah tuduhan tersebut di unggahan Instagram pada 4 Januari 2021. 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tudingan Pelecehan Seksual

Pengacara Lisa Bloom juga membagikan pernyataan singkat di Twitter-nya pada Senin. Keterangan itu menyebut bahwa kliennya telah bertemu dengan Wang dan timnya untuk "mengungkapkan kebenaran mereka kepadanya" dan telah "mengungkapkan rasa sakit dan sakit hati mereka."

Cuitannya juga menyebut Lisa dan kliennya "mengakui" permintaan maaf desainer dan "bergerak maju". Saat dihubungi oleh Insider terkait permintaan maaf Wang baru-baru ini, baik Lisa maupun perwakilan untuk Wang memberi tahu bahwa mereka tidak memiliki komentar lebih lanjut, selain apa yang telah dibagikan di media sosial.

Tuduhan terhadap Wang muncul pertama kali di TikTok dan melalui dua akun Instagram yang berupaya mengungkap kesalahan di dunia mode, S Model Management (SMM) dan Diet Prada.

Owen Mooney, yang membagikan video TikTok viral yang menyatakan bahwa ia "diraba-raba" oleh Wang di klub di New York yang ramai pada 2017. Ia menyebut bahwa ia ingin fokusnya pada tuduhan yang muncul setelah dia berbicara tentang pengalamannya. Tuduhan lain datang dari Nick Ward, mengatakan kepada Insider bahwa di sebuah acara pada 2017, Wang "mengayunkan tangannya dan meraih selangkangan" Ward.

3 dari 3 halaman

Tarik Ulur RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.