Sukses

8 Cara Memanfaatkan Ampas Kopi, dari Pupuk sampai Menyamarkan Selulit

Menambah daya guna ampas kopi juga berarti berkontribusi pada gerakan lebih ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Menambah daya guna ampas kopi supaya tak terbuang begitu saja, Anda bisa memanfaatkan berbagai cara. Selain lebih ramah lingkungan karena mengurangi limbah, bukan tak mungkin Anda juga sekaligus menghemat pengeluaran.

Penggunaan ampas kopi pun beragam, mulai dari bersaing dengan fungsi eye cream, sampai menghilangkan kutu hewan peliharaan kesayangan. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya seperti dirangkum dari laman Healthline Senin, 8 Maret 2021.

1. Pupuk tanaman

Ampas kopi mengandung beberapa mineral utama untuk pertumbuhan tanaman, seperti nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, magnesium, dan kromium. Ia juga membantu menarik cacing yang bagus untuk menggemburkan tanah.

Pemanfaatannya juga cukup mudah, yakni taburkan ampas kopi di tanah sekitar tanaman Anda.

2. Mengusir serangga dan hama

Senyawa tertentu yang ditemukan dalam kopi, seperti kafein, dapat dimanfaatkan untuk mengusir serangga, nyamuk, lalat, dan kumbang. Cukup taruh mangkuk berisi ampas kopi atau taburkan di sekitar area yang hendak bebas dari serangga dan hama.

3. Singkirkan kutu dari tubuh hewan peliharaan

Memang ada banyak produk pembasmi kutu hewan yang beradar di pasaran, tapi sebagian mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping tidak diinginkan. Kutu tidak menyukai kopi, sehingga ampas kopi dapat dipakai sebagai obat alami mengatasi masalah kutu pada hewan peliharaan.

Caranya, gosokkan ampas kopi ke seluruh bulu hewan peliharaan setelah keramas. Bilas dan biarkan bulunya mengering seperti biasa. Cara ini juga bermanfaat menambah kehalusan dan kilauan pada bulu hewan peliharaan.

Sebagai catatan, ampas kopi hanya boleh digunakan secara eksternal, jangan sampai dikonsumsi hewan peliharaan karena bisa jadi racun bagi mereka. Karenanya, saat dibersihkan, pastikan semua ampas kopi sudah tak lagi menempel di bulu.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Menetralkan Bau

Ampas kopi mengandung nitrogen yang membantu menghilangkan gas berbau busuk di udara jika digabungkan dengan karbon. Taruh semangkuk bubuk kopi di lemari es atau freezer untuk menetralkan bau makanan busuk.

Anda bahkan dapat menyimpan ampas kopi di area wastafel untuk menggosok atau membersihkan tangan setelah memotong bawah putih maupun bawang bombai.

5. Pembersih alat dapur

Ampas kopi dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan yang sulit dibersihkan karena memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Gosokkan ampas kopi pada peralatan masak secara perlahan, kemudian bilas hingga bersih.

6. Menyamarkan selulit

Ampas kopi dapat membantu menyamarkan selulit dengan meningkatkan aliran darah ke area tersebut. Caranya, cukup campurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa dan gosok selama 10 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih. Cara ini bisa diterapkan dua kali seminggu agar dapat efek maksimal.

 

3 dari 4 halaman

7. Mengaktifkan Pertumbuhan Rambut

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kandungan kafein, seperti di ampas kopi, dapat mengaktifkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni sebelum keramas, ambil segenggam ampas kopi dan pijatkan ke kulit kepala Anda selama beberapa menit, kemudian cuci dan bilas seperti biasa.

8. Menghilangkan kerutan di bawah mata

Studi menunjukkan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan kafein dapat membantu mencegah munculnya tanda penuaan, seperti kerutan, dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Caranya, tambahkan air atau minyak kelapa ke ampas kopi untuk membentuk pasta. Lalu, oleskan campuran tersebut ke bagian bawah mata dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Ulangi proses ini setiap hari atau sesuai kebutuhan Anda. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.