Sukses

Bedah Gaya Rambut Wooden Contour, dari Teknik Pewarnaan sampai Styling

Gaya rambut Wooden Contour ini juga menyisipkan sederet tren penataan rambut pada 2021.

Liputan6.com, Jakarta - "Wooden Contour" dipilih jadi tema kelas daring pertama Pitstop Virtual Learning CBD Hair Institute, Selasa, 9 Maret 2021. Art Director Hairbeat Beauty Lounge, Diana Hadisuwarno, membedah tahap demi tahap gaya rambut tersebut, mulai dari cuttingpre-lightening, colouring, sampai styling.

Dalam klip yang ditayangkan, Diana mengadopsi potongan rambut panjang sebagai demo. "Untuk guntingan rambut panjang, klien sekarang senang yang ada layer-nya. Pandemi membuat mereka tidak terlalu sering ke salon, dan potongan ini pas sekali karena terkesan ringan dan low maintenance," tuturnya.

Menurutnya, pemotongan rambut merupakan pondasi dari sebuah keseluruhan look. "Saya sengaja pakai dry cut supaya selagi menggunting, bisa juga melihat rambut jatuhnya seperti apa, sekaligus menghemat waktu," tuturnya, sembari menambahkan ia memakai teknik point cut untuk membuat rambut tampak lebih alami.

"Finishing dengan membuat semacam tekstur. Supaya hasilnya lebih maksimal, usahakan pakai gunting khusus dry cut," katanya.

Selain teknik, Diana menambahkan, penting untuk menyocokkan potongan rambut dengan bentuk wajah klien. Kemudian, memerhatikan posisi duduk mereka saat proses pemotongan rambut berlangsung.

"Apalagi guntingan pendek. Kalau bisa dikasih tahu untuk jangan angkat sebelah kaki karena itu bikin pundak tidak sejajar, padahal itu jadi patokan untuk menyeimbangkan panjang rambut di sisi kanan dan kiri," ujarnya.

Potongan selesai, proses selanjutnya adalah pre-lightening. Observasi awal, ucap Diana, sangat penting di tahap ini. "Histori rambut sangat penting, dan itu bisa ditanyakan ke pelanggan. Tapi, untuk lebih yakin, sebaiknya lakukan tes," kata Diana.

Caranya, ambil sedikit rambut bagian dalam, berikan krim bleaching, dan diamkan selama 10 menit. "Kalau hasilnya belang-belang, harus dirapikan dulu. Ambil handuk untuk menghilangkan sisa krim, aplikasikan krim bleaching baru ke area yang masih gelap, diamkan selama 10 menit," katanya. Tapi, kalau sudah rata, proses pre-lightening bisa berlanjut.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Colouring dan Styling

Tahap selanjutnya adalah colouring. Diana mengatakan, pemilihan warna rambut harus disesuaikan dengan skin tone. "Tren warna rambut tahun ini kembali dirajai cokelat. Tapi, ada juga sentuhan warna kontras. Yang sekarang mau saya contohkan itu gradasi pastel ungu dan gold," katanya.

Di samping, Diana menambahkan, root shadow juga jadi penataan yang tengah in trend. "Sesuai namanya, teknik pewarnaan ini membuat bagian dekat akar rambut lebih gelap. Jadi, saat rambut virgin tumbuh, kelihatannya lebih blend," katanya.

"(Setelah pewarnaan) bagian akar didiamkan selama 10 menit sebelum disambung ke batang rambut. Tapi, bisa disesuaikan dengan kondisi rambut. Kalau beruban, peresapannya lebih lama, antara 30--40 menit," katanya.

Tahap terakhir adalah styling. "Saya pribadi sangat suka (penataan rambut) glamor wave karena itu bikin gradasi warna rambut terlihat lebih cantik," katanya menambahkan bahwa menjaga temperatur alat catok merupakan kunci dari penataan rambut. "Jangan sampai 200 derajat (celcius)."

Klip gaya rambut Wooden Contour ini nantinya akan melengkapi materi edukasi di laman cbd-professional.com yang akan dirilis pada akhir Maret 2021, dan bisa ditonton berulang-ulang.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.