Tips Merawat Kulit Wajah Saat Olahraga, Bisa Cegah Timbulnya Jerawat

Oleh Gilar Ramdhani pada 08 Mar 2021, 21:40 WIB
Diperbarui 08 Mar 2021, 21:43 WIB
Kurus
Perbesar
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Untuk mendapatkannya ada banyak hal yang harus diperhatikan. Karena kebiasaan yang salah malah bisa berdampak buruk pada kulit, terutama wajah yang menjadi kebanggaan setiap orang.

Seperti kita ketahui, saat berolahraga tubuh mengeluarkan keringat. Semakin aktif maka banyak pula keringat yang keluar dan kemungkinan debu-debu yang menempel di kulit. Menyentuh wajah sendiri, sama saja dengan menyebarkan kuman dan bakteri. Belum lagi faktor lain, seperti rambut sendiri hingga pilihan handuk yang dapat mempengaruhi timbulnya jerawat.

Agar olahraga menjadi aktivitas menyenangkan dan tanpa khawatir mengganggu kulit wajah, kamu bisa melakukan tips perawatan berikut seperti dikutip dari huffpost.com;

1. Jika bisa, jangan gunakan make up

Jika kamu berolahraga, yang terbaik adalah melakukannya dengan wajah yang bersih dan bebas make up. Saat suhu tubuh meningkat atau memanas selama olahraga, pori-pori terbuka dan kamu tentu tidak ingin make up itu masuk ke pori-pori.

Jika harus benar-benar memakai makeup saat olahraga, carilah produk yang tidak akan menyumbat pori-pori atau non comedogenic pada labelnya.

2. Selalu dan selalu cuci muka setelah berolahraga

 

Ini adalah suatu keharusan apakah kamu memakai make up atau tidak saat berolahraga. Sangat penting untuk membersihkan kulit dengan lembut setelah berolahraga untuk menghilangkan bakteri dan sisa keringat yang terkumpul selama latihan

Mendinginkan kulit juga bermanfaat untuk mencegah pecahnya pembuluh darah dan mengembalikan suhu kulit ke tingkat normal lebih cepat

 

2 dari 3 halaman

3. Gunakan toner yang tepat

Ilustrasi Olahraga dan Angkat Beban (iStockphoto)
Perbesar
Yuk, Olahraga Beban dan Kardio (Ilustrasi/iStockphoto)

Cara lain untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih adalah toner yang mengandung bahan aktif, seperti asam salisilat atau asam glikolat. Asam salisilat dapat membantu menahan produktivitas minyak.

Aplikasikan toner di area yang memiliki minyak sebaceois, seperti dada, punggung, leher, dan wajah. Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu.

4. Pilih handuk tidak terlalu tebal

Banyak tempat olahraga yang menyediakan handuk untuk digunakan, tetapi membawa handuk sendiri akan lebih baik karena kita tahu tingkat kebersihan dan deterjen yang digunakan sehingga membuat kita nyaman.

Hindari penggunaan handuk yang terlalu tebal karena bisa menjadi sarang bakteri. Jangan juga memilih handuk yang memiliki banyak serat dan celah yang bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Gunakan handuk yang memiliki sifat antimikroba.

5. Jauhkan rambut dari wajah

Jika kamu memiliki rambut yang lebih panjang, berlaku untuk pria dan wanita, sebaiknya jauhkan dari wajah kamu selama berolahraga. Ini membantu mencegah minyak menyumbat pori-pori kamu, yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

kamu harus sedikit berhati-hati terhadap ikat kepala atau pita keringat. Keduanya bisa memberi dampak baik dan buruk. Karena mereka menjaga minyak, keringat dan produk berada jauh dari mata, tetapi mereka juga dapat memerangkap keringat yang mungkin bisa menjadi pemicu munculnya jerawat di dahi.

 

3 dari 3 halaman

6. Jangan sentuh wajahmu

Hobi Berolahraga Berat
Perbesar
Ilustrasi Berolahraga Credit: pexels.com/Bruce

Ketika berolahraga kita mengeluarkan banyak keringat, belum lagi bila menggunakan berbagai peralatan olahraga. Cegah penyebaran kuman dan bakteri dengan tidak menyentuh wajah kamu sebelum mencuci tangan pakai sabun. 

7. Gunakan es untuk mengurangi kemerahan 

Jika kamu seseorang yang mudah memerah setelah berkeringat, ambil es dan hisaplah. Menurut para ahli, menghisap es setelah olahraga akan membantu tubuh mengatur ulang suhu dan menghilangkan kemerahan.

Setelah kamu melakukan tips perawatan di atas, sekarang pergilah olahraga dan berkeringat. Jangan lupa untuk mencuci muka. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan produk face wash atau sabun muka dari Korea yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) alami untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Kandungan ini berfungsi merawat kulit yang bermasalah seperti kulit yang berjerawat.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓