Sukses

Ini Cara Mengatasi Bau Tak Sedap yang Tercium Saat Pakai Masker

Pemakaian masker yang intens tidak hanya memunculkan masalah jerawat dan mudah berkeringat, melainkan juga menyebabkan bau mulut semakin tercium.

Liputan6.com, Jakarta Bau tak sedap yang tercium saat mengenakan masker bukan saja berasal dari aroma yang ada sekitar kita, bisa jadi itu disebabkan dari internal yakni bau mulut sendiri.

Pemakaian masker yang intens tidak hanya memunculkan masalah jerawat dan mudah berkeringat, melainkan juga menyebabkan bau mulut semakin tercium. Kalau sudah begini tentu bikin kamu merasa nggak nyaman dan kurang bisa konsentrasi. 

Untuk mencegah bau mulut yang tercium bukan melepas maskernya, melainkan menemukan penyebab bau mulut itu sendiri. Dilansir dari Health.com, Gigi Meinecke, DMD, dokter gigi Academy of General Dentistry mengungkapkan bahwa bau mulut biasanya disebabkan oleh tiga hal, asam lambung, cairan hasil pernapasan dari hidung yang meluncur ke dalam kerongkongan, dan substansi yang disebut volatile sulfur compound (VSC) di rongga mulut yang dihasilkan oleh bakteri dari sisa makanan.

Penyebab lain masalah bau mulut adalah kondisi sinusitis. Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus itu sendiri merupakan rongga kosong yang terletak di tulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal), bagian belakang rongga hidung (sphenoid), serta di antara hidung dan matang (ethmoid). 

Rongga sinus dan tenggorokan yang saling berhubungan menyebabkan sinusitis bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Jadi kalau sinusitis sedang kambuh, sebaiknya segera diobati dan dijaga kebersihan rongga mulut dan hidung.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi bau tak sedap yang berasal dari bau mulut sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegah Bau Mulut

1. Rajin minum air putih atau air mineral. Pilih yang berasal dari pegunungan alami, diproses dengan Mineral Teknologi dan kemasan berkualitas agar kandungan mineral air dalam air tetap terjaga.

2. Rajin menjaga kebersihan mulut. Mulai dari rutin menggosok gigi pagi dan malam hari. Jangan lupa bersihkan sela-sela gigi dengan floss, lalu bersihkan lidah juga.

3. Bila perlu kumur-kumur dengan mouthwash. Gunakan obat kumur yang mengandung formula unik 4 essential oils, yang terbukti secara klinis dapat melawan 99,9% kuman penyebab masalah mulut dan plak, serta bantu menjaga kondisi gusi lebih sehat dalam 3 minggu.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Perhatikan pola makan. Makanan yang mengandung bawang, petai, jengkol, dan durian biasanya membuat bau mulut menjadi menyengat.

5. Hindari minuman berkarbonasi dan alkohol.

6. Hindari merokok

Lakukan secara rutin dan disiplin untuk bisa mengatasi bau mulut lebih. Jangan lupa periksa ke dokter gigi, setidaknya enam bulan sekali, agar bisa bila ada masalah gigi bisa segera diobati. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.