Solusi Susah Buang Air Besar Saat Lagi Liburan dan di Luar Rumah

Oleh Gilar Ramdhani pada 05 Mar 2021, 15:33 WIB
Diperbarui 05 Mar 2021, 15:33 WIB
Hindari 5 Makanan Penyebab Sakit Perut Ini Saat Traveling (AnemStyl/Shutterstock)
Perbesar
Ilustrasi traveling (AnemStyl/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang kerap mengalami susah BAB saat beraktivitas di luar rumah, terutama saat dinas luar kota maupun liburan. Keadaan itu tentu sungguh tak nyaman dan membuat khawatir karena perut menjadi terasa penuh. Padahal selama aktivitas di luar itu, sudah mencoba untuk tetap memenuhi kebutuhan serat dengan makan sayur dan buah. Tapi, tetap saja masih susah untuk BAB.

Ternyata penyebab hal tersebut bukan kurangnya asupan serat, melainkan lebih kepada masalah adaptasi tubuh dan kondisi psikologis. Untuk mencegah dan mengatasi masalah susah BAB saat di luar rumah, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Tetap mengonsumsi buah, sayuran, dan air putih. Meski tidak berada di rumah, bukan berarti kamu bebas mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi di situasi masa pandemi.

2. Jangan menahan, apalagi melawan keinginan untuk BAB. Terlebih jika perut sudah terasa penuh. Seringkali menahan, akan membuat kamu lebih mudah terkena sembelit.

 

2 dari 3 halaman

Tingkatkan konsumsi air putih

4 Penyebab Sakit Perut pada Anak (Roman Yanushevsky/Shutterstock)
Perbesar
4 Penyebab Sakit Perut pada Anak (Roman Yanushevsky/Shutterstock)

3. Mengatur jadwal liburan atau aktivitas di luar yang tidak terlalu ‘ekstrim’. Maksudnya adalah jam beraktivitas saat berlibur lebih baik tidak terlalu berbeda dengan jam ketika aktivitas di rumah.

4. Coba konsumsi kopi dalam batas yang wajar. Kopi dapat menstimulasi usus untuk mengeluarkan feses dengan lebih mudah. Di sisi lain, kopi juga bisa merugikan kamu yang sedang mengalami sembelit. Sebab kopi bersifat diuretik, yakni menarik air keluar dari feses.

5. Tingkatkan konsumsi air putih atau air mineral adalah salah satu cara untuk mengatasi sembelit. Pastikan kamu minum air mineral yang berasal dari pegunungan alami, diproses dengan Teknologi Mineral Protection System untuk melindungi kandungan air dan mineral alami.

 

3 dari 3 halaman

Tenang dan Coba untuk Cuek

6. Usahakan untuk banyak bergerak atau melakukan peregangan setelah bangun tidur. Olahraga dapat membantu meningkatkan pergerakan usus sekaligus memperbaiki metabolisme.

7. Selalu sediakan tisu basah dan tisu kering di dalam tas. Jika kebetulan lingkungan toilet dan air yang kurang bersih, kamu bisa mengurangi risiko paparan kuman. 

8. Jika proses BAB belum selesai, jangan berhenti di tengah-tengah hanya karena ditunggu banyak orang. Tetap tenang dan kalau perlu sedikit cuek demi menyelamatkan kondisi kesehatan diri sendiri.

Jika masih kesulitan BAB, cobalah untuk mengonsumsi salah satu obat pencahar alami yang mudah didapatkan di toko dan apotek. Suplemen itu menggunakan kombinasi serat dan laksatif alami dari tumbuhan herbal yang efektif melancarkan kerja usus dan membersihkan tubuh dari racun.

Cara menggunakannya pun praktis. Kamu cukup campurkan satu bungkus vegeta herbal dengan segelas air es, aduk, dan segera diminum. Obat sembelit ini cukup unik dengan rasa anggur merah.

Susah BAB dapat menurunkan kualitas hidup kamu saat berada di luar rumah. Oleh sebab itu, kenali penyebabnya dan atasi dengan cara yang bijak. Jika semua cara sudah dilakukan tetapi sembelit tetap melanda, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓