Sukses

Usaha Menjadi Komunitas Terdepan dalam Membina Bakat dan Potensi Anak Muda

Kelas online Sangsang berlangsung selama pandemi COVID-19 dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Liputan6.com, Jakarta -  Perusahaan asal Korea, Korea Tomorrow and Global (KT&G) berpartisipasi aktif dengan melakukan kontribusi sosial bahkan di era minim kontak langsung akibat COVID-19 ini. Dengan program Corporate Social Responsibility (CSR), KT&G mampu menjadi representasi dari perusahaan korea yang peduli dengan kegiatan sosial dibandingkan perusahaan lain.

KT&G bahkan menghabiskan lebih dari 2% penjualan tahunannya untuk kegiatan sosial. Pada Mei 2020, KT&G telah menyumbang peralatan kesehatan atau test kit COVID-19 senilai Rp1.200.000.000 kepada pemerintah Indonesia.

Mereka membantu pemuda Indonesia untuk menjadi individu yang mandiri secara ekonomi dengan mengoperasikan fasilitas lab kopi yang terhubung ke perkebunan kopi dan lembaga kursus sertifikasi terkait kopi, dan memberikan dukungan kepada sekolah dan rumah sakit setempat dengan memberikan sumbangan barang.

KT&G juga memberikan kontribusi untuk berbagai kalangan. Jika banyak perusahaan menerapkan budaya nontatap muka untuk menghasilkan keuntungan saat pandemi, KT&G justru menarik perhatian dengan menerapkan kegiatan sosial secara virtual di masa pandemi.

Representasi dari kegiatan sosial nontatap muka yang dilakukan KT&G ini bernama “Sangsang Online Class”. Program yang direncanakan dan dijalankan oleh KT&G Sangsang Univ. Indonesia berbentuk kelas online langsung dengan menghadirkan tutor yang ahli di bidangnya dan ternama untuk memberikan ilmu yang bermanfaat selama anak muda menghabiskan kegiatan di rumah saja.

Kelas online Sangsang yang diselenggarakan berlangsung selama pandemi COVID-19 dan tidak dipungut biaya alias gratis. Per Februari 2021, sudah tercatat peserta yang mengikuti kelas online Sangsang berjumlah lebih dari 30.000 peserta. Dengan ini, KT&G Sangsang Univ. Indonesia menjadi komunitas mahasiswa terbesar di Indonesia.

KT&G Sangsang Class yang menawarkan kelas gratis juga menghadirkan kelas baru setiap bulannya. Di batch kedua yang berlangsung pada bulan Februari ini berhasil diikuti lebih dari 5.500 mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Bina Nusantara (BINUS) dan universitas lainnya.

Menurut Ricky Rahim, tutor kelas public speaking di Sangsang Univ. Indonesia, kelas online yang dipicu oleh COVID-19 ini bisa menjadi peluang pemerataan pendidikan di Indonesia untuk anak muda. Berbekal dari pengalaman sembilan tahun di Jak 101 FM, Ricky membagikan pengalaman yang sering ia lakukan yang kemudian dikemas dengan menarik di setiap kelas yang ia berikan. Seperti, tips public speaking yang baik, menulis dan membaca naskah, dan banyak hal lainnya.

“Pengalaman mengajar di Sangsang Class pastinya seru banget. Di saat pandemi seperti sekarang ini, kelas online yang diadakan Sangsang mampu memberikan kegiatan yang bermanfaat ketika aktivitas eksternal terbatas. Terlebih kelas yang diberikan dekat dan menarik untuk anak muda. Semoga dan harusnya sih ini akan bermanfaat di masa ini dan masa yang akan datang.” terangnya melalui sambungan telepon.

“Dan untuk teman-teman di luar sana yang memiliki kekhawatiran seperti takut salah, grogi coba dilawan aja semua ini. Karena salah dan gugup pasti ada dan semua orang pernah merasakan hal yang sama. Jadi, intinya lebih berani untuk memulai public speaking.” tambahnya dengan semangat.

Sejak tahun 2016, KT&G Sangsang Univ. Indonesia telah menyelenggarakan kelas Sangsang yang mendukung berbagai hobi yang dapat membantu meningkatkan kreativitas mahasiswa. Selain itu, kegiatan relawan yang bernama Sangsang Volunteer direncanakan dan dipimpin langsung oleh mahasiswa. Program CSR dari KT&G menekankan pada proses yang akan menciptakan sebuah nilai sosial pada anak muda yang bergabung di dalamnya.

Selain kelas Sangsang, Sangsang Univ. Indonesia juga memiliki program Sangsang Friends yang berperan untuk memperkenalkan Sangsang Univ. kepada anak muda dan tentunya kegiatan ini dijalankan oleh mahasiswa. Adapun program lainnya adalah Sangsang Volunteer yang peduli dengan lingkungan dengan membuat kegiatan pelayanan sosial.

Salah satu pejabat dari KT&G Sangsang Univ. Indonesia mengatakan, “Kami berencana untuk memberikan berbagai program di mana mahasiswa dapat memperoleh pengalaman nyata melalui kegiatan sosial yang berkelanjutan.”

Kelas online Sangsang yang akan datang terbuka untuk anak muda Indonesia yang disiarkan melalui Zoom dan kanal Youtube SangSang Univ. Indonesia. Untuk waktu pendaftarannya sendiri dimulai dari 8 Maret hingga 13 Maret. Link Pendaftaran: http://bit.ly/sansanguniv2021_batch3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini