Sukses

Buah-Buahan Ajaib yang Ampuh Usir Stres dan Sehatkan Tubuh

Konsumsi 4 buah ini bermanfaat untuk meredakan dan mencegah stres!

Liputan6.com, Jakarta Stres merupakan sebuah kondisi kesehatan yang menyerang pikiran dan juga hati seseorang. Dampaknya bermacam-macam, ada yang bisa mengalami gangguan cemas, gangguan panik, depresi, bahkan menyebabkan penyakit. Karena itu, stres harus diatasi dan dicegah sejak dini.

Banyak orang yang sepakat bahwa coklat adalah salah satu makanan favorit untuk mengusir stes dan memperbaiki mood. Ya, dengan membuka bungkus coklat, mencium aroma dan kemudian menggigitnya mampu memberikan ketenangan. Kandungan antioksidan dalam kakao bisa membantu mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi.

Ingin makan buah yang bisa menurunkan stres dan memperbaiki mood? Maka buah yang identik dengan warna hijau seperti kiwi dan alpukat bisa menjadi pilihan Anda. Jika alpukat dari luar sudah tampak hijau, maka untuk kiwi, Anda perlu membelahnya terlebih dahulu untuk melihat warna hijaunya.

Kiwi

 

Buah kiwi memiliki kandungan triptofan, yang bisa berubah menjadi serotonin sehingga bisa menenangkan saraf dan menstabilkan suasana hati. Buah kiwi ini juga bisa membuat Anda agar tetap terjaga. Penelitian menunjukkan bahwa makan kiwi secara teratur bisa membantu kamu untuk tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari.

Alpukat

Alpukat kaya akan triptofan, yang dapat meningkatkan relaksasi. Asam lemak omega-3 yang terdapat di alpukat juga dipercaya bisa mengurangi kematian sel yang dapat memicu depresi. Tingginya kandungan protein dalam alpukat juga mampu memicu produksi dopamin. Ketika seseorang mengalami depresi, tubuhnya diketahui mengalami kekurangan vitamin B6.

Bila Anda berada di bawah usia 50 tahun, harus menginsumsi sekitar 1,3 mg vitamin B6 setiap harinya. Sedangkan setelah menjadi lebih tua, Anda perlu meningkatkan jumlahnya menjadi sekitar 1,5 mg untuk wanita dan 1,7 mg untuk pria. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah Warna Kuning

Selain Alpukat dan Kiwi, buah jeruk dan pisang yang sama-sama identik berwarna kucing juga ampuh untuk mengusir stress. 

Jeruk

Vitamin C pada jeruk bisa menurunkan kadar kortisol (hormon yang mengendalikan stres) dalam tubuh. Di sebutkan juga bahwa mengonsumsi 500 mg vitamin C dari buah jeruk per hari terbukti dapat mencegah gangguan kecemasan dan juga stres.

Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium yang dipercaya bisa meningkatkan hormon dopamin yang baik bisa mencukupi kebutuhan kadar magnesium dalam tubuh. Saat kebutuhan magnesium tubuh terpenuhi, kadar stres dalam tubuh pun juga menurun.

Ingin menikmati pisang dengan cara yang berbeda sekaligus usir stres? Anda bisa mengonsumsi minuman susu sereal dari Good to Go. Tidak hanya bisa meredakan gangguan cemas dan suasana hati, susu sereal juga mengandung vitamin B1, B2, B3, dan B6 yang bisa pernuhi kebutuhan nutrisi Anda biar #GoTerus semangat serta sehat beraktivitas sepanjang hari.

Semakin jadi pilihan yang pas untuk Anda menikmati minuman dan buah dengan cara yang berbeda.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.