Hobi Traveling, Bintang Aurel Kenalkan Lokasi tak Terjamah pada Netizen

Oleh Liputan6.com pada 03 Mar 2021, 16:23 WIB
Diperbarui 06 Mar 2021, 09:34 WIB
Hobi Traveling, Bintang Aurel Kenalkan Lokasi tak Terjamah pada Netizen
Perbesar
Hobi Traveling, Bintang Aurel Kenalkan Lokasi tak Terjamah pada Netizen. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta -  Bagi beberapa orang, butuh biaya yang tak sedikit untuk pergi berlibur. Padahal, ada cara yang mudah dan murah untuk bisa berwisata. Seseorang butuh traveling untuk menghilangkan penat dan stres karena pekerjaan atau tekanan lainnya. Memiliki hobi traveling tak hanya menguntungkan bagi mental tetapi mendatangkan manfaat lainnya.

Berbicara tentang hobi traveling, seorang selebgram asal Malang memanfaatkan hobinya tersebut untuk mengenalkan daerah yang ia kunjungi kepada banyak orang. Selain memuaskan dirinya sendiri, hobinya itu ia gunakan untuk membantu tempat wisata lokal.

Tikka Dessy Harsanti atau dikenal sebagai Bintang Aurel, sengaja mencari lokasi wisata yang tak banyak orang tahu. Lalu ia unggah di akun Instagramnya @bintangaurel dan menandai akun-akun khusus traveling. Tujuannya, agar lokasi-lokasi yang ia kunjungi diketahui banyak orang. Dengan begitu, akan semakin banyak orang datang dan membuat lokasi wisata tersebut semakin ramai pengunjung.

Cara itu digunakan Tikka Dessy untuk membantu perekonomian wisata lokal, dengan mengenalkan lokasi wisata yang tak banyak orang tahu. Jadi lokasi-lokasi yang ia perkenalkan, usianya bisa lebih panjang serta pedagang sekitar lokasi mendapat pemasukan.

"Tahun 2013 saya bikin Instagram, posting foto traveling dan di-repost banyak orang. Dari situ nambah followers. Saya manfaatkan untuk mengenalkan daerah potensi wisata yang belum familiar agar orang-orang tahu dan pada datang. Dengan harapan saya bisa membantu ekonomi warga dan pemasukan di wisata setempat karena banyak yang datang," katanya.

Ibu satu anak ini sudah hobi traveling sejak sebelum menikah. Ia kerap pergi bersama teman-temannya yang juga berprofesi sebagai fotografer. Selain liburan bersama, temannya dapat membantu mendokumentasikan. Setelah menikah dan punya anak, Tikka Dessy mengajak serta suami dan anaknya liburan bersama. Menurutnya, meski agak kerepotan traveling bersama anak, tapi ia sangat menikmati karena sang buah hati juga bahagia liburan bersamanya.

"Liburan sama anak prepare-nya sedikit rumit dan ribet. Soalnya perlengkapan anak banyak, tapi dibawa enjoy saja karena anaknya juga senang, yang penting jangan lupa bawa baju ganti anak, cemilan, makanan dan obat-obatan," ujarnya. Selama pandemi menyerang, Tikka Dessy membatasi untuk liburan di daerah-daerah yang jauh.

Ia hanya mendatangi lokasi wisata yang ada di Malang, Blitar dan sekitarnya. Selama liburan pun ia tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjauhi kerumunan. Sebab ia tak mau ambil resiko serta mengingat memiliki anak kecil yang rentan terhadap penyakit.

"Selama pandemi liburannya di dekat-dekat saja di Blitar, Malang, yang dekat dengan rumah. Seperti waktu saya ke pantai Malang Selatan itu kalau Balekambang itu ramai banget, saya cari yang sebelahnya kayak pantai Regent. Satu lokasi tapi yang saya cari benar-benar sepi, tidak banyak orang. Soalnya kan bawa baby juga jadi riskan," lanjut pemilik Instagram @bintangaurel.

Hobi Traveling, Bintang Aurel Kenalkan Lokasi tak Terjamah pada Netizen
Perbesar
Hobi Traveling, Bintang Aurel Kenalkan Lokasi tak Terjamah pada Netizen. foto: istimewa

Tikka Dessy menyarankan, bila ingin traveling di masa pandemi carilah lokasi yang sepi. Selama pandemi ini, Tikka Dessy lebih banyak menghabiskan staycation daripada outdoor.

Hingga saat ini, sudah banyak daerah wisata yang sudah ia kunjungi. Tempat yang paling berkesan baginya tentu saja Sumba. Dosen Universitas Wisnuwardhana Malang ini telah mengunjungi Sumba Barat Daya, Sumba Tengah dan Sumba Timur.

Di sana, ia menemui banyak hal khususnya budaya baru, makanan khas dan alam yang indah. Baginya, keindahan alam di Sumba berbeda dari yang lain bahkan sulit ditemui.

"Di Sumba saya mencoba nginang, selama ini hanya tahu lewat bacaan saja. Sekarang sudah mencoba langsung dan tahu bagaimana rasanya. Traveling di luar daerah sendiri kita bisa mengenal budaya baru dan menempatkan diri, bagaimana cara yang tepat menyikapi perbedaan budaya itu. Traveling memberi saya banyak sekali pembelajaran dan lebih mengerti kondisi daerah-daerah lain," jelas dosen fakultas hukum ini.

Selain Sumba, daerah kedua yang membuatnya jatuh hati adalah Lombok. Pulau satu ini memang dikenal memiliki keindahan laut yang luar biasa.

Selain mengunggah lokasi traveling yang ia kunjungi, untuk mengenalkan pada masyarakat, Tikka Dessy juga mengirim tulisan di website khusus traveling. Tak hanya membuat artikel, tetapi juga mengirim foto-foto profesional.