Sukses

Layanan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 Tersedia, Kelompok Lansia Jadi Prioritas

Layanan drive thru diharapkan bisa membantu target pemerintah menuntaskan vaksinasi Covid-19 di akhir tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19, Halodoc resmi ditunjuk secara sebagai mitra Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk menghadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui mekanisme drive thru.

Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dibuka mulai Rabu, 3 Maret 2021.

Pada tahap awal, sasaran utama adalah kelompok lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta. Targetnya bisa mendistribusikan ribuan dosis vaksin per hari, sesuai arahan pemerintah.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih, kolaborasi tersebut bisa dicontoh oleh berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, target pemerintah untuk tuntaskan vaksinasi Covid-19 pada 31 Desember 2021 bisa tercapai.

"Saya kira kalau regulasinya sudah dibuat, maka bentuk seperti ini di daerah gampang direplikasikan. Kami dari IDI sangat mendukung dan berharap kalau regulasinya belum ada, untuk segera dibuat," ucap Daeng dalam Peresmian Pusat Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui Drive Thru di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat yang juga disiarkan secara virtual, Rabu, 3 Maret 2021.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Menteri Kesehatan

CEO & Co Founder Halodoc, Jonathan Sudharta mengatakan, pos layanan vaksinasi akan tersedia hingga akhir 2021. Adapun penjadwalan dapat dilakukan melalui aplikasi Halodoc dan layanan GoMed di Gojek.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin yang hadir dalam pembukaan pos pelayanan tersebut, mengapresiasi kesigapan Halodoc dan Gojek dalam mendukung program vaksinasi COVID-19 pemerintah sejak awal masa pandemi.

"Dalam melakukan edukasi hingga vaksinasi, Kemenkes tidak bisa sendirian. Kami optimis, kepercayaan masyarakat terhadap keandalan layanan Halodoc dan Gojek serta basis pengguna yang besar kami harapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, termasuk keluarga dan kerabat dekat pengguna platform yang masuk kelompok lanjut usia," tuturnya.

Sementara itu, Kevin Aluwi selaku Co-Founder dan Co-CEO Gojek mengatakan, peran Gojek dalam pelayanan drive thru ini hadir memberikan pelayanan Gocar untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki kendaraan atau tidak ingin menggunakan kendaraan sendiri untuk datang ke fasilitas pelayanan vaksinasi drive thru.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.