Sukses

4 Resep Praktis Olahan Ubi Jalar, Bisa Jadi Camilan di Rumah

Punya ubi jalar tapi bingung diolah apa? Yuk, simak resep praktis dan mudah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah kurang lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan kehadiran camilan. Salah satu rekomendasi resep praktis kudapan simpel dan mudah adalah mengolah ubi jalar.

Ubi jalar dapat diolah menjadi beragam sajian, termasuk camilan yang dapat Anda nikmati bersama keluarga tercinta. Ubi jalar sendiri bertekstur keras dan rasanya sedikit manis.

Lantas, apa saja resep praktis olahan ubi jalar yang bisa Anda buat sendiri di rumah? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman PinkVilla, Rabu, 3 Maret 2021, berikut ini.

1. Manisan ubi jalar

Campurkan 1/2 cup mentega, 1/2 cup gula, 1/2 sdt bubuk kayu manis, 1/2 sdt pala, 2 sdm madu, 1 sdm sari vanilla ke dalam mangkuk. Kupas dan iris tipis 2--3 ubi jalar dan tambahkan ke dalam mangkuk.

Lapisi ubi jalar dengan adonan dan pindahkan ke dalam loyang. Panggang dengan suhu 400 derajat celcius selama 20--30 menit.

2. Ubi jalar goreng

Kupas dan potong 3--4 ubi menjadi irisan 1 inci. Campur potongan ini dengan bubuk cabai, cabai rawit, garam, merica, minyak zaitun dan paprika.

Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan goreng hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan. Sajikan olahan ubi jalar ini selagi panas.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Ubi jalar panggang

Panaskan oven dengan suhu 350 derajat celsius. Tempatkan 2--3 ubi jalar yang sudah dikupas dan diiris di atas loyang.

Taburi sedikit minyak di atasnya dan bumbui dengan garam dan merica. Panggang selama 30 menit dan sajikan panas.

4. Brownies ubi jalar

Dalam mangkuk, haluskan 1 cangkir gula merah, 1/2 cup gula putih, 1/2 cup mentega tawar, sisihkan. Di mangkuk lain, campurkan 2 sdm esens vanila, 3 telur, 1 cup tepung halus dan 1 sdm baking powder.

Tambahkan garam dan campur bahan-bahan yang sudah diblender. Tambahkan 1 cup ubi jalar parut halus ke dalamnya dan tuangkan ke dalam loyang. Panggang selama 25 menit dengan suhu 350 derajat celsius.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.