Sukses

Kebiasaan Penting Pagi Hari untuk Menjaga Tubuh Sehat yang Berharga

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kebiasaan kita yang dimulai sejak bangun tidur pagi sangat menentukan.

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga dan perlu dijaga dengan baik. Dengan tubuh yang sehat, kita bisa beraktivitas, melakukan pekerjaan dan banyak hal yang disukai. Sebaliknya tubuh yang sakit membuat aktivitas jadi terbatas dan tidak bisa menikmati hidup dengan baik.

Untuk menjaga kesehatan, kebiasaan kita yang dimulai sejak bangun tidur pagi sangat menentukan. Jika mengawali pagi hari dengan kebiasaan yang sehat, maka selama seharian bisa dipenuhi energi positif. Manfaatnya akan semakin besar bila dilakukan secara rutin dan konsisten.

Berikut ini adalah kebiasaan penting pagi hari untuk menjaga tubuh sehat yang berharga.

1. Bangun lebih pagi

Bangun lebih pagi dapat membuat kamu memiliki banyak waktu untuk menjalani aktivitas. Kamu bisa lebih produktif ketimbang mereka yang bangun siang. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari udara pagi yang segar serta sinar matahari yang menyehatkan tubuh. 

Awali dengan minum segelas air putih untuk mengisi cairan yang hilang ketika tidur dan pergi ke kamar mandi untuk cuci muka agar merasa lebih segar dan tidak mengantuk.

2. Awali dengan olahraga pagi

Bukan olahraga yang berat, kamu bisa awali dengan melakukan peregangan tubuh agar otot-otot tidak kaku dan dapat membantu sendi terlumasi. Sehingga ketika kamu mulai beraktivitas tubuh sudah siap. Olahraga pagi hari dari hanya sekadar jalan kaki, senam, dan jogging juga akan mengusir rasa kantuk dan memberikan energi untuk beraktivitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Sarapan sehat dan bergizi

Makanan adalah sumber energi bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas. Sarapan juga berkontribusi besar untuk memelihara daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus. Jadi sangat penting memulai hari dengan sarapan sehat dan bergizi. Beberapa pilihan makanan paling sehat untuk sarapan adalah oatmeal, telur, buah beri, pisang, kacang atau nut butter hingga susu.

Formula dasar untuk sarapan yakni kombinasi karbohidrat dengan protein. Karbohidrat untuk memberi energi pada tubuh. Sedangkan protein dibutuhkan untuk mendukung daya tahan tubuh dan membuat kamu merasa kenyang.

Buat kamu yang gak punya waktu banyak untuk sarapan bisa konsumsi instant oatmeal karena mudah bikinnya. Tinggal tambahkan air panas saja, terus aduk dan tambahkan topping kacang almond, strawberry atau buah lainnya sesuai selera kalian sebagai pelengkap. Selain mudah, oatmeal juga mengandung zat besi tinggi yang mampu menjaga daya tahan tubuh kita di kondisi pandemi sekarang.

3 dari 4 halaman

4. Lakukan hal yang kamu sukai

Ini penting untuk meningkatkan mood dan energi kamu sebagai modal untuk menjalani aktivitas kerja dan lainnya. Kamu bisa mulai dari menikmati musik favorit, membaca buku dan berita, hingga bercengkrama dengan pasangan dan keluarga untuk saling memberi motivasi dan semangat.

4 dari 4 halaman

5. Buat rencana dan target hari ini

Setelah pikiran sudah rileks dan energi terisi, kamu bisa lanjutkan dengan membuat perencanaan atau jadwal aktivitas hari ini. Tidak hanya membantu kamu untuk menentukan prioritas, tapi juga jadi kunci penting untuk menghadapi serangkaian kegiatan yang tak terduga.

Jika pekerjaan bisa selesai sesuai rencana, maka kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat, berkumpul bersama keluarga dan tentu terhindar dari aktivitas kerja lembur. Dengan begitu, kamu bisa tidur tepat waktu dan kembali melakukan kebiasaan yang sehat di esok hari.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.